Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Cara Betenak Burung Lovebird Dengan Mudah

Cara Beternak Burung Lovebird Dengan Mudah – Dalam usaha peternakan memiliki banyak sekali peluang salah satunya peternakan burung lovebird. Peminat para pecinta burung ini sudah mulai banyak bahkan dari perkotaan hingga ke pedesaan. Untuk mencoba beternak burung lovebird ini, mungki bagi pemula akan sulit dalam menentukan cara dan langkah-langkah dalam beternak burung lovebird. Karena dalam beternak burung lovebird ini gampang-gampang susah, salah satu kunci suksesnya adalah anda harus tahu tips dan triknya sehingga anda mudah mengatasi permasalahan dan kebutuhan pada saat anda melakukan proses pembudidayaan burung love bird.

Selain itu, anda juga harus mengetahui cara merawatnya mulai dari telur yang mulai menetas hingga besar. Burung lovebird memiliki sifat monogami namun juga bisa dikembangbiakkan secara poligami. Agar hasil dalam beternak anda memuaskan, anda harus mengetahui langkah-langkah cara beternak burung lovebird seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Baca: Cara Membuat Pakan Alternatif Burung Kicau

Cara Beternak Burung Lovebird

1. Memilih Induk Jantan dan Betina

Bagi anda yang masih pemula, mungkin akan sedikit susah untuk membedakan antara yang jantan dan betina. Namun jangan khawatir, dibawah ini akan kami jelaskan cara mudah membedakan antara betina dan jantan.

  1. Betuk tubuh betina lebih bulat dan berisi.
  2. Burung betina memiliki tulang panggul yang lebih lebar karena berfungsi untuk mengeluarkan telur.
  3. Ingat, jangan pernah tertipu dengan lovebird berpasangan. Karena lovebird jantan bisa berpasangan dengan lovebird jantan yang lainnya atau betina dengan betina lainnya.
  4. Postur tubuh betina biasanya lebih besar daripada jantan, namun memiliki ukuran kepala yang lebih kecil dari pada jantan.
  5. Pada saat lovebird bertengger, kita juga bisa membedakan jenis kelamin lovebird dengan melihat kakinya. Apabila kaki sedikit renggang biasanya lovebird betina.

2.  Mengetahui usia produktif

Usia produkti antara lovebird jantan dan betina berbeda-beda. Untuk lovebird jantan pada usia 8-9 bulan sudah bisa masuk dalam proses siap kawin, namun untuk lovebird betina membutuhkan waktu hingga usia 1 tahun.

3. Sangkar untuk proses perjodohan

Lovebird lebih mudah dikembangbiakkan dalam berpasangan daripada dikumpulkan dalam jumlah yang banyak dalam satu kandang. Dengan demikian, anda dapat membuat sangkar ukuran 40x40x40 cm atau 50x50x50 cm. Kemudia jangan lupa memberikan tempat bertelur (sarang) atau anda dapat membuatnya dari kotak berukuran 20x25x25 cm yang diisi dengan daun kering, ranting-ranting, rumput kering atau sobekan kain. Anda juga bisa menambahkan serbuk gergaji yang tidak terlalu bau yang berfungsi untuk menyerap kotoran atau sesuatu yang lembab. Dan jangan lupa memberikan tengger dalam sarang, karena burung ini suka sekali bertengger.

4. Mengawinkan lovebird

Setelah persiapan selesai, tempatkan kedua indukan lovebird dalam satu kandang. Biasanya untuk masa kawin anda harus menunggu hasilnya antara 4-11 hari setelah perkawinan terjadi.

5. Makanan untuk anak dan induk lovebird

Untuk induk lovebird, anda bisa memberikan makanan berupa kangkung, milet, biji sawi, touge atau jewawut. Hal ini penting karena sang indukan jantan biasanya melolohkan makanan yang dikonsumsinya untuk anak-anaknya yang baru menetas. Selain itu makanan juga penting untuk menjaga asupan vitamin dan nutrisi burung agar tetap sehat.

Makanan untuk anak lovebird berumur 12-16 hari, anda bisa membeli di toko penjual makanan burung atau anda juga bisa mencoba dengan mencampurkan bubur bayi dengan air hangat secukupnya. Untuk melolohkannya, anda bisa menggunakan sendok kecil atau jarum suntik. Pemberian makanan setiap 4 jam sekali. Setelah anakan berumur 1 bulan anda bisa mencoba memberikan makan di tempat makan biasa untuk melatih makan anak lovebird. Makanan yang diberikan berupa telur rebus, potongan sayuran dan potongan buah-buahan.

Baca Juga:

Untuk menghasilkan keturunan dengan kualitas suara bagus, sebaiknya anda memilih betina yang memiliki kualitas suara super. Jika anda menginginkan varian warna yang bagus, anda bisa melakukan eksperimen dengan mengawinkan beberapa induk betina dalam satu kandang. Kunci dalam beternak burung lovebird adalah semangat dan ketekunan.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme