Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya Ikan Gurami Dengan Terpal

Cara Budidaya Ikan Gurami Dengan Terpal – Budidaya ikan gurami memanglah sangat tergolong mudah dan sederhana. Namun, hanya saja harus memperhatikan kualitas air dan juga melakukan pemeliharaan yang baik. Dalam melakukan pembudidayaan ini sangat beragam dan juga bervariasi mulai dari kolam permanen ( semen ), kolam dari tanah dan juga kolam dengan terpal.

1

Namun, kali ini hanya membahas bagaimana cara membudidayakan ikan gurami dengan kolam terpal. Dengan menggunakan metode ini akan menghemat biaya, mempermudah pengontrolan atau pengawasan dan lainnya. Jika berminat untuk melakukan hal ini perhatikan cara berikut ini, cara budidaya ikan gurami dengan terpal dengan mudah dan sederhana.

Pemilihan Indukan

Langkah pertama yang harus di perhatikan  adalah indukan, jika indukan yang di gunakan berkualitas maka akan menghasilkan benih yang sangat berkualitas juga. oleh karena itu, pemilihan ini harus di lakukan dengan baik. Pemilihan indukan ini dapat di lakukan sebagai berikut.

  • Indukan betina : sehat, bebas penyakit, menghasilkan banyak sel telur dan juga memiliki ketingkatan bobot yang tinggi dan lainnya.
  • Indukan jantan: sehat, bebas penyakit, menghasilkan banyak sperma dan juga pertumbuhan sangat cepat dan lainnya.

Pengelolahan media kolam

Media kolam kali ini hanya menggunakan terpal dengan ukuran sesuai dengan lahan atau tempat pemilik. Kolam dengan media ini juga bisa di lakukan di tempat yang sangat sempit, namun hanya saja harus terkena cahaya matahari langsung, hal ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan pada ikan gurami. Kolam yang di butuhkan dalam budidaya ikan ini adalah sebagai berikut.

  • Luas kolam mencapai 2 – 5 meter persegi.
  • Kedalaman hingga 1-2 meter.
  • Pemberian lubang atau lumpur setebal 2-3 cm bahkan lebih.
  • Dan terpal yang di gunakan berkualitas tahan bocor atau tebal.

Pemijahan Ikan ( Pengabungan ikan)

Pemijahan ikan ini di lakukan ketika ikan sudah berumur dan juga siap untuk di lakukan perkawinan.  Pemijahan ini bisa di lakukan dengan sistem alami dan juga sistem buatan ( di suntik ). Pemijahan alami harus menggabungkan ikan jantan dan ikan betina dalam satu kolam, hingga beberapa dan juga akan menghasilkan telur. Sedangkan pemijahan buatan di lakukan penyuntikan dan pengambilan sperma jantan, yang di suntik ke dalam perut atau lapisan sel telur pada ikan.

Pembesaran ikan gurami

Jika tidak mau melakukan pemijahan langsung saja pemilik bisa membeli benih ikan gurami, yang langsung bisa di budidayakan di kolam terpal pemilik dengan mudah dan juga cepat. Benih ikan ini sebelum di tebar harus melakukan tahapan terlebih dahulu yaitu sebagai berikut ini.

  • Melakukan pemilihan ikan dengan baik.
  • Melakukan perendaman ikan dengan larutan garam atau vaksinasi
  • Melakukan perbaikan kolam dengan pemberian zat kapu
  • Dan juga lainnya yang baik untuk pertumbuhan ikan gurami.

Pemeliharaan ikan gurami

Pemeliharaan ikan gurami menggunakan terpal sangat sama dengan pemeliharaan biasanya, hanya saja terlihat lebih elegan menggunakan terpal dan juga lebih mudah. Pemeliharaan dengan media ini berupa pemberian pakan 2 kali dalam sehari, pergantian air dengan baik, pengontrolan hama dan penyakit di sekitar kolam, melakukan pengobatan ikan terserang hama dan penyakit dan juga melakukan pembersihan terpal yang di gunakan dengan teratur.

Pemanenan ikan gurami

Ikan gurami ini dapat di oanen ketika sudah berumur 5-7 bulan bahkan lebih tergantung melakukan perbanyakan dengan sistem alami atau buatan, serta juga pertumbuhan ikan gurami dan varietesnya. Pemanen di kolam ini sangat mudah di lakukan dengan cara mengeringkan kolam dan juga melakukan penjaringan atau penangkapan manual.

Baca juga : Panduan Lengkap Budidaya Ikan Gurami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme