Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya Semangka di Dalam Pot ( Polibag )

Cara Budidaya Semangka di Dalam Pot ( Polibag ) – Tanaman semangka merupakan salah satu tanaman yang banyak yang menyukai dan juga populer. Tanaman ini sudah mendunia dan juga sangat sekali yang membududayakannya. Namun, bagi seorang petani pemula ataupun sudah berpengalaman pastinya ingin membudidayakan tanaman ini lebih mudah lagi.

1

Salah satu cara yang lagi ngetren atau populer adalah dengan menggunakan media pot atau polibag. Dengan menanaman tanaman di dalam media ini akan lebih memudahkan melakukan pemeliharaan, pengawasan dan pengontrolan serta dengan media ini sangat tidak memakan tempat atau lahan. Dengan media ini anda bisa menanam di pekarangan rumah, belakang rumah bahkan juga di gudang yang tidak terpakai. Jika berminat mari kita lihat cara membudidayakan tanaman semangka dengan pot atau polibag dengan muda.

Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit sangatlah penting di lakukan, yang akan menghasilkan tanaman berkualitas dan juga banyak menghasilkan produktivitas. Perbanyakan tanaman ini menggunakan biji yang langsung anda beli di sebuah tokoh pertanian. Benih atau biji yang kita pilih tergantug dengan varietes sesuai dengan keinginan petani. Benih yang di pilih berupa sehat, mengkilap, berwrna hitam atau kecoklatan, tidak terserang hama dan juga tidak abnormal. Setelah menemukan langsung lakukan perendaman dengan fungisida selama 24 jam atau kurang, bertujuan agar tidak mudah terserang hama dan penyakit.

Pengelolahan media tanam

Dalam pengelolahan media tanam ini harus perhatikan langkah- langkah berikut ini :

  • Sebelum penanaman di lakukan sebaiknya carilah tanah yang gembur, subur dan banyak mengandung bahan organik.
  • Setelah menemukan lakukan pengadukan atau pencangkulan, serta mencampukan sedikit atau secukupnya pupuk kandang atau pupuk kompos hingga merata.
  • Setelah itu diamkan beberapa minggu sebelum tanam.
  • Kemudian itu, lakukan pemasukan ke media pot dengan ukuran tergantung petani, baik sedang, besar maupun yang lainnya.
  • Memasukannya dengan hati-hati tanpa merusak pot atau polibag, hingga penuh dan lakukan penyiraman hingga lembab. Dan siap di tanam.

Penanaman Tanaman

Setelah media tanam sudah selesai selanjutnya adalah menanam tanaman semangka yang sudah di rendam tersebut. Penanaman ini di lakukan dengan membuat lubang tanam 2-3 cm, lalu masukan 2-3 benih semangka, lalu kaukan penimbuna benih dengan permukaan tanah atau sisa tanah yang di buat untuk pengelolahan media tanam. Dan lakukan penyiraman hingga lembab.

Pemeliharaan Tanaman

Pemeliharaan tanaman ini dapat di lakukan dengan cara penyulaman, penyiangan , penyiraman, pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit. Penyulaman di lakukan sekitar 1 minggu setelah tanam mengantikan tanaman yang sudah mati dengan benih yang baru. Penyiangan di lakukan dengan membersihkan gulma, atau tanaman liar yang berada di sekitar tanaman semangka. Penyiraman di lakukan dua kali dalam satu hari, dan jangan sampai terlalu berlebihan. Pemupukan di lakukan dengan memberikan pupuk kandang, Urea , TSP dan lainnya sesuai dengan takaran. Sedangkan pengendalian hama dan penyakit harus di lakukan sanitasi dan juga penyemprotan fungisida dan insektisida jika sudah mengetahui gejala serangan. lihat selengkapnya disini

Pemanenan Tanaman

Tanaman semangka dapat di panen ketika 2-3 bulan setelah tanaman bahkan lebih tergantung dengan pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Pemanen ini di tandai dengan buah yang sudah membesar, warna yang mengkilap, tangai batang sudah menguning atau kering dan juga lainnya. Pemanen ini di lakukan dengan cara memetiknya langsung atau memotong tangkai batang semangka.

Baca juga : Cara Budidaya Sawo di Dalam Pot

1 Comment

Add a Comment
  1. Ternyata menanam semangka pada media pot cukup simpel juga yah. Thanks infonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme