Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Membuat Kandang Kelinci Dengan Mudah

Cara Membuat Kandang Kelinci Dengan Mudah – Kandang kelinci sangat penting di perhatikan sebelum melakukan budidaya kelinci atau beternak kelinci untuk menghasilkan produktivitas yang tinggi. Kandang kelinci secara umumnya ada tiga yaitu kandang postal, kandang ranch, dan kandang battery.

Kandang tersebut tergantung dengan peternak menggunakan sistem kandang seperti apa. Dalam pembuatan ini harus memperhatikan letak kandang, perlengkapan kandang, dan juga peralatan yang di butuhkan dalam pembuatan kandang kelinci. Kandang kelinci modern dan tradisional hampir masa tetapi perbedaannya jauh lebih elegan kandang modern di bandingkan dengan tradisional. Berikut cara membuat kandang postal, kandang runch, dan kandang battery dengan mudah dan sederhana.

1. Kandang Postal

1

Kandang dengan sistem postal merupakan kandang yang tidak menggunakan halaman pengumbaran atau pembebasan, di tempatkan dalam satu ruangan atau halaman dan juga sangat baik untuk kelinci muda.

Cara pembuatan kandang postal ini memerlukan peralatan berupa gergaji, parang, paku, palu, bambu ( papan tipis ) dan juga kawat jika di perlukan. Kandang postal ini di buat dengan ukuran panjang  30-40 cm, luas 40 -50 cm dan tinggi 20-25 cm bahkan lebih tergantung dengan jenis kelinci. Dalam satu kandang hanya terdapat 1 ekor kelinci saja dan berlebihan seperti kandang ranch dengan ukuran yang lebih luas.

2. Kandang Ranch

1

Kandang sistem ranch merupakan kandang yang di bebaskan atau di lakukan pengumbaran di sekeliling lingkungan.

Cara membuat kandang ranch yaitu hampir sama dengan pembuatan kandang postal hanya saja perbedaan bahan yang di gunakan berupa menempatkan ternak kelinci dalam satu kandang dengan ukuran yang lebih luas. Kandang ranch ini di buat dengan luas 1-2, panjang 3-4 meter, dan ketinggian 50- 60 cm. kapasitas kandang ini sangat banyak tergantung dengan pemilik, kandang ini terbuat dari bambu, kayu kecil, rotan dan juga bisa semen.

3. Kandang Battery

1

Kandang sistem battery merupakan kandang yang hampir sama dengan kandang postal, tetapi hanya beda dalam pembuatan dan juga letak pembuatan kandang. Kandang postal di tempatkan di dalam ruangan, sedangkan kandang battery di tempatkan dimana saja tergantung dengan pemilik.

Cara membuat kandang battery ini sama juga dengan kandang postal yaitu memiliki ukuran 40  x 40 x 40 cm bahkan juga bisa lebih tergantung dengan pemilik. Pembuatan kandang ini memerlukan bambu, papan tipis jika di perlukan, kawat jika di perlukan untuk mengikat, paku, palu dan lainnya.

Baca juga : Hama dan Penyakit Ternak Kelinci

1 Comment

Add a Comment
  1. Wah siap.. ane coba tips ente gan. doain berhasil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme