Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Membuat Pakan Alternatif Puyuh Petelur

Cara membuat pakan alternatif puyuh petelur – Jumpa lagi dengan kami di halaman yang sederhana ini. Di artikel yang satu ini, kami ingin membagikan sedikit info kepada para pembaca sekalian tentang cara membuat pakan alternative puyuh petelur. Bagi anda yang sudah penasaran dan tidak sabar serta ingin mengetahuinya, silahkan disimak yaa..

cara membuat pakan alternatif puyuh petelur

Berikut ini merupakan formula pakan alternative yang bisa diracik sendiri. Bukan pakan hasil produksi pabrikan, serta sudah diujicoba di daerah lampung serta riau dengan hasil yang cukup memuaskan. Yang mana, telur berukuran besar serta produktivitas telur 80% dengan kalkulasi harga pakan per kgnya hanya sebesar Rp 4300/kg.

Formula ransum yang kami sarankan adalah :

  • Kebi/Katul/ bekatul sebanyak 150 kg
  • Sentrat “581 Gold Global” / 124/144 pokphand seberat 50kg
  • Top Mix sejumlah 2 kg
  • Mineral B12 pt eka atau Mineral feed Medion 2 kg
  • Tepung ikan “cp” 55-60% sebanyak 5 kg

Dari hitungan formula diatas, bisa diperoleh : ( ini yg sentrat 581 Gold Global )

Zat gizi protein 19,3 %, Energi untuk kebutuhan metabolism hewan 2717 kcal/kg

Dengan hanya membutuhkan dana Rp 4300/kg, anda dapat memenhi asupan pakan sejumlah 2,5 kg/100 ekor/harinya.

Akan tetapi, yang perlu diperhatikan, saat hendak merubah formula ransum, anda terlebih dahulu harus memastikan telah terjadinya kasus semisal :

  1. Baru Sakit
  2. Produksi telur baru droup
  3. Stress

Hanya saja, pada saat kondisi semacam diatas kita memiliki kesempatan untuk mengganti ransum pakan, jika kondisi puyuh baru sedang produksi tinggi bisa ditakutkan akan ada penurunan jumlah kuantitas produktivitas telur.

Ada sebuah percobaan yang layak anda simak.

Pada percobaan pada penggunaan sentrat 124 atau 144 produk pabrikan pokphand, produksi telur serta volume telur agak sedikit di bawah sentrat 581 Gold Global.

Perbedaan tingkat hasil produktivitas telur berdasarkan dari pemberian konsentrat pabrik yang di pakai untuk pakan bisa anda cermati dari list peringkat dibawah ini. (Peringkat teratas merupakan konsentrat terbaik, lalu makin kebawah kualitasnya sedikit dibawahnya. Hingga list yang paling bawah yang memberikan impact kurang baik dalam segi produktivitas telur:

  1. Konsentrat Global
  2. Konsentrat itik petelur RED Comfeed
  3. Konsentrat itik 144 Pokphand
  4. Konsentrat ayam 124 Pokphand

Namun, peringkat tadi bukan berdasarkan baik buruknya konsentrat, melainkan hanya data hasil penelitian terhadap hasil produksi telur saja. Dan tiap konsentrat sejatinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua peternak dapat mengkreasikan kembali racikan formula pakan diatas. Dan formula tadi, telah diujicoba untuk ternak puyuh yang populasinya sejumlah 5000 ekor.

Baca Juga:

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba racikan ramuan pakan tadi?. Semoga artikel singkat tentang cara membuat pakan alternatif puyuh petelur ini bisa anda manfaatkan sebaik-baiknya ya. Terimakasih telah berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme