Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Membuat Pakan Ikan Nila Sendiri

Cara Membuat Pakan Ikan Nila Sendiri – Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan yang termasuk pemakan segalanya ( omnivora ) baik berupa tumbuhan maupun hewan atau serangga kecil. Dalam budidaya, pasti sangat membutuhkan pakan yang berkualitas dan memiliki nilai kandungan gizi yang tinggi.

Nilai kandungan gizi memang sangat di perlukan bagi peternak ikan nila, karena dapat meningkatkan hasil produktivitas ikan nila yang dihasilkan. Oleh sebab itu, pakan yang dibutuhkan pun harus berkualitas tetapi memiliki harga yang jauh lebih mahal. Peternak ikan nilai pun, bisa melakukan pembuatan pakan ikan nila dengan alternatif bahkan juga menggunakan bahan utama yang jauh telatif murah dan bahkan juga memiliki asupan nutrisi dan gizi yang tinggi.

1

Ada beberap cara membuat pakan ikan nila sendiri, namun kali ini  saya akan membagikan cara mudah untuk membuat pakan ikan nila bahkan tidak membutuhkan bahan – bahan sulit dicari diantara sebagai berikut:

Bahan bahan yang digunakan :

Bahan Utama  Berat ( gr )
1.       Dedak halus 26 gram
2.       Tepung jagung 8 gram
3.       Tepung ikan 30 gram
4.       Tepung benewa 2 gram
5.       Tepung terigu 22 gram
6.       Bungkil kacang kedelai 10 gram
7.       Vitamin 1,5 gram
8.       Mineral 0,5 gram
9.       Air secukupnya
Sumber data : caramembuat.com

Cara membuat pakan ikan nila sendiri

  1. Bahan yang sudah disediakan, masukan kedalam wadah atau tempat dan lakukan pengedukan hingga merata dan tercampur semuanya.
  2. Tambahkan air secukupnya, dengan dikit demi sedikit secara bertahap saat melakukan pengadukan hingga menjadi pasta ( mengental ).
  3. Setelah itu, lakukan pencetakan dengan menggunakan penggilingan daging dengan ukuran 3-5 mm. Pada umumnya, berbentuk seperti pelet biasanya.
  4. Kemudian, adonan sudah hampir jadi lakukan pemotongan dengan panjang 1-2 cm dan letakan pada wadah tahan panas ataupun wadah lebar untuk mengeringkan pakan ikan nila melalu terik matahari maupun oven.
  5. Setelah kering, bisa langsung diberikan untuk ikan nila secukupnya.

Baca juga :

Tambahan :

  • Pembuatan pakan ikan nila ini, sebaiknya dilakukan dengan cara yang tepat dan juga memilih bahan – bahan yang sudah di jelaskan dan juga tidak dalam pembuatan apapun sebelumnya. Karena hal ini akan menentukan hasil pakan ikan nila yang anda buat.
  • Dalam pemberian pakan ini, sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari dan jangan sampai berlebihan yang akan membuat berbagai macam penyakit dikarenakan penumpukan sisa makanan dari pakan yang anda buat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme