Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Membuat Pakan Fermentasi Kelinci

Cara Membuat Pakan  Fermentasi Kelinci – Ternak kelinci merupakan salah satu ternak yang sudah dikenali dan juga gemari banyak masyarakat, kelinci ini memang sangat beragam dan juga bervariasi tergantung varietesnya. kebutuhan ternak kelinci ini memang sangat besar saat membudidayakan dan menernakanya, selain itu kebuthan pakan ternak kelinci ini sangat tinggi sehingga banyak para peternak untuk melakukan pembuatan pakan sendiri melalui sebuah fermentasi.

1

Fermentasi merupakan salah satu proses penguraian yang dibantu dengan senyawa atau mikroba untuk memecahkan molekul. Dengan melakukan fermentasi akan sangat membantu untuk membuat pakan ternak apapun baik ruminansia maupun non ruminansia. Biasanya pakan fermentasi ini digunakan sebagai peningkatan bobot badan ternak terutamanya pada ternak pedaging yang memiliki kandungan serat dan konsentrat yang sangat tinggi. Dalam hal ini dapat dilakukan sebagai berikut.

Baca : Ciri – Ciri Kelinci Bunting ( Hamil )

Bahan – Bahan yang di gunakan :

  • Ampas tahu
  • Gedebog pisang
  • Jeramin
  • Bekatul
  • Bungkil kelapa, sayuran dan lainnya
  • Limbah pertanian dan industri organik

Catt : Bahan – bahan tersebut sebaiknya dalam keadaan belum membusuk dan juga tidak dalam terserang hama atau penyakit. Selain itu, jika ketidak adaan bahan sebaiknya harus memilih bahan yang ada saja tidak dibenarkan untuk memiliki semua bahan diatas.

Cara pembuatan pakan fermentasi kelinci

  1. Bahan yang sudah disediakan sebaiknya dilakukan pengecilan dengan mencacah atau memotong hingga halus dan kecil – kecil.
  2. Setelah itu, bahan dicampurkan dengan bahan – bahan yang sudah dihaluskan dan dikecilkan dalam satu wadah atau tempat, dicampurkan hingga merata.
  3. Sediakan, tempat kedap air dan juga kedap udara agar penguraian dalam berjalan dengan baik serta juga urea dan larutan gula.
  4. Kemudian, campurkan semua bahan dan juga larutan gula serta urea sekitar 1-2 kg tergantung banyak bahan yang anda digunakan.
  5. lalu, tutup media tempat tersebut dengan rapat, tidak terkena matahari lansung, dan juga kedap terhadap udara. Diamkan selama 1-2 minggu.
  6. Lalu, bisa anda angkat jika sudah mengurai dan juga menjadi pakan ternak kelinci.

Namun, sebelum pemberian sebaiknya di jembur dan juga di bersihkan dengan air secukupnya agar tidak bau zat atau senyawa yang terurai tersebut. Yang membuat ternak kelinci tidak menyukaianya.

Manfaat dan Keuntungan Pakan Fermentasi ternak kelinci

  • Pakan relatif memiliki nilai kandungan lebih jauh tinggi
  • Pakan relatif lebih mudah didapatkan dan relatif jauh lebih murah
  • Pakan lebih mudah di simpan
  • Pakan lebih tahan dalam jangka panjang atau pakan pengganti
  • Peningkatan bobot badan lebih cepat

Baca juga : Klasifikasi Rumput Setaria ( Setaria sphacelata )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme