Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Menanam dan Budidaya Pohon Pandan Bali

Cara Menanam dan Budidaya Pohon Pandan Bali – Pohon pandan Bali tentu sudah banyak diketahui di masyarakat. Keindahannya dan keelokannya menjadi daya tarik utama pohon ini. Pohon pandan Bali juga tidak terbatas hanya untuk menghias bagian luar rumah dan halaman tetapi juga dapat menghias di dalam ruangan rumah anda. Terdapat dua jenis pohon pandan Bali yaitu yang berjenis lurus dan yang bercabang. Keduanya memiliki tempat yang berbeda, sesuai dengan penempatannya yang tepat.

1

Pohon panda Bali tergolong sebagai tanaman hias yang mudah untuk dibudidayakan. Akan tetapi, tetap terdapat beberapa hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam upaya pembudidayaannya. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:

Baca: Cara Mudah Budidaya Tanaman Kentang

  • Teknik pembibitan; bibit pohon pandan Bali didapatkan dengan melakukan proses pembanyakan tunas. Pembanyakan tunas dilakukan dengan cara memotong irisan tunas yang muncul. Pemotongan dapat dilakukan dengan menggunakan pisau yang cukup tajam. Akan tetapi, pemotongan harus dilakukan dengan hati-hati supaya tidak merusak induk pohon dan sistem perakaran dari pohon pandan Bali tersebut. Tunas yang telah dipotong tersebut kemudian harus didiamkan selama beberapa saat di tempat yang kelembabannya tinggi. Tunas tersebut kemudian siap dijadikan bibit untuk membudidayakan pohon pandan Bali.
  • Teknik persiapan media tanam; media tanam dari pohon pandan Bali merupakan campuran antara tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. Setelah pencampuran tanah dan pupuk kompos telah dilakukan, harus disiapkan lubang tanam untuk pohon pandan Bali yang kedalamannya adalah 22 hingga 27 cm. Setelah media tanam sudah siap baru dapat dilakukan penanaman.
  • Teknik penanaman; dalam menanam tunas pohon pandan Bali perlu diperhatikan letak penanamannya. Tanam tunas dengan arah tegak lurus untuk memastikan pohon pandan Bali tumbuh proporsional dan elok. Setelah tertanam, ambilah kembali media tanam dan timbun disekitarnya. Padatkan sekitarnya untuk memastikan pohon pandan Bali tumbuh dengan kokoh dan kuat.
  • Teknik pengairan; pohon pandan Bali tidak memerlukan perawatan yang sulit, ia hanya membutuhkan air secara berkala. Kebutuhan air dari pohon pandan Bali pun tidak perlu terlalu banyak, siramlah dengan air ketika ia terlihat kering saja.
  • Teknik penyiangan dan pemupukan; penyiangan pada pohon pandan Bali maksudnya adalah upaya pemotongan pemangkasan untuk memastikan pandan Bali tumbuh dengan cantik. Dengan melakukan pemangkasan di beberapa bagian dari pohon pandan Bali, maka pertumbuhan pohon ini pun akan semakin maksimal. Hal ini disebabkan oleh, penyerapan nutrisi ke dalam sistem pertumbuhan pohon menjadi semakin cepat dan mudah. Sama seperti tumbuhan lain pohon pandan Bali juga membutuhkan asupan gizi dari pupuk. Oleh karena itu sebaiknya penyiangan dan pemupukan dilakukan secara bersama pada kisar waktu 2 bulan sekali.

Baca Juga:

Berikut tadi beberapa teknik dalam menanam pohon pandan Bali dengan tepat. Walau tidak berbeda jauh dengan teknik penanaman tumbuhan lain, namun teknik penanaman pohon pandan Bali tergolong lebih muda. Pohon pandan Bali juga tidak membutuhkan perhatian khusus yang rumit. Hanya kepastian kecukupan gizi dan air, serta pemangkasan berkala dapat memastikan tumbuhan ini dapat tumbuh sehat dan subur serta menghiasi rumah anda.

Kata Kunci Pencarian:

  • Menanam pohon pandan bali
  • Budidaya pohon pandan bali
  • Bercocok tanam pohon pandan bali
  • Perawatan pohon pandan bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme