Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Kenali 6 Bangsa Kambing Terpopuler di Indonesia

Kenali 6 Bangsa Kambing Terpopuler di Indonesia – Kambing merupakan ternak yang tersebar merata di seluruh pelosok Indonesia. Kegunaannya sebagai penghasil susu sekaligus penghasil daging pun semakin menambah kepopuleran hewan ternak ini. Akan tetapi, masih belum banyak diketahui oleh masyarakat bahwa terdapat banyak sekali bangsa kambing. Mulai dari yang asli Indonesia ataupun yang peranakan dari negara lain. Tahukah anda apa saja bangsa bangsa kambing yang cukup popular? Ada 6 bangsa kambing terpopuler, marilah kita mengenal bangsa bangsa kambing tersebut melalui artikel berikut ini.

1

Kambing yang paling populer adalah kambing yang bernama kambing Kacang. Kambing ini merupakan kambing yang asli berasal dari Indonesia dan sering juga disebut sebagai kambing Jawa. Tubuhnya tidak terlalu besar bahkan tergolong kecil. Dapat ditemukan di seluruh penjuru Indonesia. Karakteristik atau cirri khas kambing ini adalah berat badan jantan berkisar di 25 kilogram sedangkan tingginya 60 cm dan berat badan betina berkisar di 20 kg sedangkan tingginya 56 cm. Jantan maupun betina memiliki tanduk dan telinganya pendek tegak.

Baca : Manajemen Pemberian Pakan Ternak Kuda

Kambing kedua yang cukup populer di kalangan peternak adalah kambing etawa. Kambing ini bukanlah kambing asli Indonesia, melainkan berasal dari negara India. Sebagai kambing penghasil susu, kambing ini tergolong sangat produktif karena dapat menghasilkan susu hingga 4 liter per harinya. Umumnya kambing jantan dan betina memiliki tanduk, tapi terkadang terdapat juga yang tidak memiliki tanduk. Karakteristik kambing ini adalah tubuhnya tinggi dan kakinya panjang, telinganya pun juga panjang, serta hidungnya cukup unik karena melengkung. Tinggi kambing yang tergolong tinggi ini berkisar untuk jantan pada 100 hingga 125 cm dan pada betina 80 hingga 90 cm.

Kambing ketiga adalah kambing gembrong yang banyak ditemukan di daerah ujung timur kepulauan bali. Tidak diketahui asal negaranya, namun dispekulasikan kambing ini berasal dari peranakan dengan kambing Kashmir. Karakteristik kambing ini yang mencolok adalah rambutnya yang panjang dan menjuntai. Pembeda antara kambing jantan dan betina pun dapat dilihat dari rambut yang lebih panjang di bagian leher untuk jantan. Tubuhnya tergolong cukup tinggi dengan tanduk dan telinga yang agak kecil. Ekornya pun cukup pendek. Kambing ini memiliki jumbai yang menutupi wajah dan matanya, sehingga disebut sebagai kambing gembrong.

Kambing jenis keempat yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah kambing Saanen. Kambing yang berasal dari negara Swiss ini berwarna putih pucat. Kedua jenisnya baik jantan maupun betina tidak memiliki tanduk dan dahinya cukup lebar. Nama Saanen diambil dari nama daerah tempatnya berasal yaitu lembah Saanen, di Swiss. Tidak dapat berkembang di daerah dengan iklim tropis karena tidak kuat dengan matahari. Memiliki bercak-bercak hitam di bagian hidung dan telinga. Sebagai kambing penghasil susu, produksi susunya sangatlah tinggi sekitar 740 kilogram per masa laktasi.

Selain itu terdapat juga kambing peranakan kambing etawa atau yang biasa disebut dengan kambing PE yang juga populer di kalangan peternak. Tidak berbeda jauh dengan kambing etawa, hanya ukurannya saja yang lebih kecil. Memiliki berat berkisar 40 kilogram untuk jantan dan 35 kilogram untuk betina. Untuk pembeda kambing jantan dan betina dilihat dari panjang bulu di bagian leher pada jantan yang lebih panjang, dan pada betina dibagian paha yang lebih panjang.

Kambing terakhir namun tak kalah populer dengan kambing lainnya dikenal dengan nama Kambing Boer. Berasal dari Afrika Selatan, kambing ini tergolong kambing yang hidup di daerah tropis. Badannya berwarna putih, namun memiliki corak kecokelatan di bagian wajah ataupun leher. Memiliki tandung dan hidungnya serta telinganya lebar. Sebagai kambing penghasil daging, maka tentunya kambing ini memiliki bobot yang cukup berat. Untuk kambing jantan dapat mencapai 150 kilogram dan untuk kambing betina mencapai 70 kilogram.

Baca juga :

Demikianlah tadi enam jenis kambing yang bangsanya tergolong populer di masyarakat. Kambing-kambing yang populer ini disebabkan karena penyebarannya yang luas, keunikan bentuk tubuhnya, ataupun fungsinya yang produktif sebagai penghasil daging maupun susu. Dengan mengenal bangsa bangsa kambing seperti ini, tentu dapat membantu menambah pengetahuan para peternak untuk menentukan ternak kambing mana yang ingin digeluti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme