Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Menentukan Umur Kambing

Cara Menentukan Umur Kambing –  Menentukan umur kambing merupakan salah satu cara untuk menafsir atau memperkirakan suatu umur kambing atau domba. Hal ini bisa di lihat berdasarkan pertumbuhan gigi dan bobot badan serta fase siklus perkawinan yang sudah di lakukan beberapa kali. Bukan hanya gigi saja dapat menentukan umur, melainkan tanduk juga dapat menentukan umur terutamanya pada sapi yang memiliki lingkiran kecil yang hampir menyerupai cincin.

1.1

Memang pada dasarnya untuk menentukan umur melalui gigi dan tanduk tidak dapat sempurna 100 %, tetapi dengan cara lah yang paling mudah di lakukan para peternak kambing maupun domba untuk menentukan umur ternak dalam proses pengembangan usaha tahap breeding.

Baca :  Cara Meningkatkan Birahi Burung Kenari

Secara umumnya gigi merupakan salah satu bagian yang berada pada rongga mulut yang digunakan untuk menghaluskan dan melembutkan makanan agar dapat mencernanya dengan baik. Pada ternak kambing  dan domba memiliki gigi yang termasuk unik karena mengalami keterasahan dan erupsi secara kontiniu dengan karakteristik tertentu, sehingga dapat menentukan atau menduga umur pertumbuhan dari ternak kambing.

Jika melakukan pengamatan gigi seri pada ternak kambing, akan dapat tampak adanya gigi awal yang disebut dengan gigi susu. Kemudian setelah gigi susu ada akan perubahan menjadi gigi permanen yang akan mengalami keteresahana dan erupsi pada umur – umur tertentu, sehingga di gunakan untuk menduga atau menafsir umur ternak kambing. Adapun susunan – susunan gigi permanen yang sudah dewasa, seperti sepasang gigi seri sentral, sepaasang gigi seri lateral, sepasang gigi intermedial, sepasang gigi seri sudutrawahang bawah, tiga gigi premolar dan tiga gigi molar.

Berikut penafsiran atau menduga umur kambing berdasarkan gigi seri adalah sebagai berikut :

  • Sepasang gigi seri susu lateral, umur ternak kambing di duga masih berumur 1 – 2 minggu
  • Sepasang gigi seri susu intermedia, umur ternak kambing di duga masih berumur 2 – 3 minggu
  • Sepasang gigi seri susu sudut, umur ternak kambing di duga masih berumur 3 – 4 minggu.
  • Sepasang gigi seri sentral di ganti dengan sepasang gigi seri permanenan sentral, umur ternak kambing di duga masih berumur 1 – 1.5 tahun.
  • Sepasang gigi seri susu lateral di ganti dengan sepasang gigi seri permanenan lateral, umur ternak kambing diduga masih berumur 1.5  – 2.5 tahun.
  • Sepasang gigi seri intermedial di ganti dengan sepasang gigi seri permanenan intermedial, umur ternak kambing diduga berumur 2.5 – 3.5 tahun.
  • Sepesang gigi seri sudut di ganti dengan sepsang gigi seri permanan sudut, umur ternak kambing diduga berumur 3.5 – 4 tahun.

Baca juga :

Itulah cara menentukan umur ternak kambing semoga informasi yang kami berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme