Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Meningkatkan Birahi Burung Kenari

Cara Meningkatkan Birahi Burung Kenari – Birahi atau keinginan untuk kawin merupakan salah cara yang baik dan tepat untuk melakukan proses pengembangan burung kenari. Burung kenari yang baik harus dapat berahi dengan umur yang sesuai dan siklus lama berahi yang sangat dibutuhkan dalam proses perkawinan.

1

Namun terkadang dalam proses perkawinan kebanyakan ditemukan pada burung kenari hanya jantan saja yang berahi dan betina tidak mengalami berahi, atau sebaliknya. Hal ini akan sangat menyulitkan peternak burung kenari untuk melakukan perkawinan dalam satu penangkaran perkawinan. Oleh sebab itu, hal ini harus diperhatikan dengan seksama untuk mengetahui tingkat birahi kedua burung kenari tersebut.

Baca :  Cara Mengawinkan Burung Kenari

Ada beberapa cara untuk meningkatkan birahi pada burung kenari dengan baik dan tepat adalah :

  1. Kenari yang belum dapat birahi sesuai umurnya, sebaiknya memberikan makanan yang mengandung nutrisi yang baik terutamnya telut puyuh, kroto, kacangan – kacangan atau biji – bijian dan buah apel. Tetapi tidak disarankan untuk memberikan makanan yang berlebihan dan tidak bertahap agar tidak mengalami beberapa ngangguan pada ternak burung kenari.
  2. Lakukan penjemuran burung kenari secara rutin minimal 2 – 3 jam di mulai pada jam 0.7.00 – 09.30 yang bertujuan untuk ternak burung kenari tetap sehat dan meningkatkan birahi dengan baik.
  3. Menambahkan makanan maupun minuman multivitamin yang sesuai dan tepat.
  4. Lakukan pendekatan ternak burung kenari jantan dan betina dengan kandang yang berhadapan, yang akan membantu meningkatkan birahi satu sama lain.
  5. Lakukan pemasteran dengan nada lirih

Hal yang harus diperhatikan dalam meningkatkan birahi kenari adalah :

  • Sebelum perkawinan di mulai lakukan penyeleksian terlebih dahulu ternak kenari yang akan di kawinkan.
  • Perkandangan atau penangkaran sebaiknya bersih dan bebas dari hama dan penyakit.
  • Lakukan vaksinasi dan antibiotik untuk menghindari beberapa penyakit yang akan menyerang sebelum perkawinan burung kenari di mulai.

Baca juga :

Itulah cara meningkatkan birahi burung kenari, semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.

2 Comments

Add a Comment
  1. Dalam penjodohan burung untuk penangkaran, kesulitan utama adalah menyamakan masa birahi burung. Sebab, apabila burung tidak sama masa birahinya, maka penjodohan sulit dilakukan. Untuk itu, Anda perlu memberikan asupan pakan yang bisa memunculkan birahi burung, baik untuk jantan ataupun betina.

    1. fredikurniawan

      Terima kasih tambahannya gan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme