Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Mengatasi Burung Pleci Stress Agar Gacor Kembali

Cara Mengatasi Burung Pleci Stress Agar Gacor Kembali –  Burung pleci yang stress akan membuat pemiliknya juga stress. Oleh karena itu, pemilik burung pleci akan sangat hati-hati merawat burung ini agar tidak sampai stress. Burung pleci yang stress akan menunjukkan tanda-tanda seperti tidak mau mengeluarkan kicauan atau menjadi lebih pendiam, dan bulunya pun terlihat lusuh tidak indah lagi. Jika burung pleci stress dalam waktu yang lama, maka kondisi burung pun akan terus menurun. Kondisi yang terus menurun ini akan menyebabkan kondisi mental dan suara burung menjadi tidak bagus dan tidak bisa lagi dikompetisikan. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan mengenai cara mengatasi burung pleci yang stress agar gacor kembali.

cara mengatasi burung pleci stres gacor kembaliSebelumnya, lebih baik kita pelajari terlebih dahulu latar belakang mengapa burung pleci dapat stress. Berikut ini beberapa alasan dibalik stressnya burung pleci:

Baca: Cara Budidaya Cacing Sutra Bagi Pemula

  • Kalah saing dengan burung pleci lain; burung pleci dapat stress karena ada burung pleci lain yang lebih sangar dan lebih gacor dari dirinya. Akibatnya burung pleci merasa terancam dan tertekan.
  • Faktor makanan; pakan yang diberikan pada burung pleci jika tidak cocok dengan kebiasaan makan burung pleci, akan menyebabkan burung pleci stress. Oleh karena itu, haruslah pemberian pakan menjadi perhatian khusus bagi para pemilik burung pleci.
  • Pijakan kaki yang tidak nyaman; jika pijakan kaki tidak nyaman, maka burung pleci akan kesulitan adaptasi. Misalnya anda baru saja mengganti kandang, perhatikanlah apakah pijakan kakinya nyaman untuk burung pleci. Jika tidak gantilah dengan pijakan kaki lama yang biasa dipakai oleh burung pleci.

Demikian tadi beberapa alasan di balik stressnya burung pleci. Jika sudah mengetahui penyebabnya, maka dapat dilakukan pencegahan. Akan tetapi, jika burung pleci sudah terlanjur stress harus ditemukan cara mengatasi burung pleci yang stress agar gacor kembali. Berikut ini upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi burung pleci yang stress.

  • Burung pleci dapat mengatasi stressnya dengan berjemur. Jemurlah burung pleci selama minimal tiga jam dalam sehari di waktu pagi. Penjemuran yang dilakukan dapat memulihkan semangat burung kembali. Selama berjemur, tidak usah berikan makan atau minum pada burung pleci, agar dia fokus berjemur saja.
  • Setelah penjemuran segera berikan pakan burung pleci. Pakan burung pleci yang stress memiliki bahan pembuatan yang khusus. Bahan khusus untuk pakan burung pleci yang stress adalah buah pepaya yang segar dicampur dengan madu serta air dan ditambahkan juga dengan larutan penyegar. Kombinasi pakan ini dapat membangkitkan semangat burung agar lebih bergairah.
  • Jika penjemuran dan pemberian pakan khusus tidak berhasil setelah tiga hari berturut-turut, anda dapat melakukan upaya terakhir yaitu dengan memutarkan suara kicauan burung lain. Dengan mendengar kicauan burung lain, burung pleci akan terangsang semangatnya untuk menjawab dengan kicauan juga.

Baca Juga:

Jika burung pleci kembali segar dan semangat maka burung pleci akan kembali berkicau dan warnanya pun akan semakin indah. Jika sudah kembali gacor, maka pemilik burung pleci harus melakukan penjagaan yang ketat agar burung pleci tidak stress lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme