Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Tips Memilih Benih Pepaya California Berkualitas Unggulan

Tips Memilih Benih Pepaya California Berkualitas Unggulan – Pepaya California adalah varietas pepaya unggulan yang dikembangkan oleh para ilmuwan. Buah pepaya ini menjadi unggulan karena ukurannya yang sangat besar dibandingkan pepaya pada umumnya. Ukurannya berkisar 1,5 kg hingga 2,5 kg per buah. Tentu sangat besar bukan untuk ukutan buah? Karena ukurannya yang unggul dan kualitas buahnya yang manis, buah ini pun memiliki harga yang cukup mahal. Harganya berkisar Rp 8000,00 per kilogram. Buah yang memiliki keunggulan namun harganya tinggi, menyebabkan buah pepaya California ini menjadi pilihan untuk dikembangkan oleh para penggiatnya.

Bibit Pepaya calfornia Unggulan

Pepaya California selain ukurannya yang besar, seperti yang telah disebutkan sebelumnya rasanya sangat manis. Daging buahnya tebal dan tidak lembek. Selain itu, warnanya pun merah cerah sehingga menjadi semakin menarik. Untuk mendapatkan hasil panen yang tinggi, perlu dilakukan pemilihan benih yang unggul. Benih pepaya California yang unggul dapat dipilih dari dua jenis yang tersedia, yaitu benih pepaya California betina dan pepaya California sempurna.

Baca: Teknik Membuat Tanaman Cabai menjadi Tanaman Bonsai

Perbedaan kedua jenis pepaya California ini adalah dalam bentuknya. Bentuk pepaya California betina bulat, sedangkan pepaya California sempurna lonjong. Harganya pun cukup berbeda. Pepaya California betina harganya lebih murah dibandingkan pepaya California sempurna. Oleh karena itulah, pepaya California sempurna lebih populer untuk dibudidayakan.

Selain itu, perlu diperhatikan beberapa langkah-langkah penting dalam memilih benih pepaya California. Apa sajakah tips dalam memilih benih pepaya California yang berkualitas unggul? Simak tips berikut ini:

  • Perhatikan induk pepaya yang akan dijadikan benih pepaya California. Pilih yang buahnya sehat dan sempurna. Ambillah benih dari buah pepaya yang masak benar. Juga ambillah biji yang berada di bagian tengah buah, jangan yang diujung. Faktor pemilihan biji buah dapat menentukan jenis buah pepaya California yang akan didapatkan. Pepaya California betina ataupun pepaya California sempurna.
  • Kurangi pemilihan benih pepaya California yang berada di toko. Karena kita tidak dapat mengetahui apakah benih tersebut benar unggul atau tidak. Walaupun dituliskan benih unggul, terkadang biji diambil dari benih yang tidak unggul juga.
  • Usahakan memilih benih secara langsung dan dilihat sendiri. Sehingga anda dapat memastikan benih yang dipilih benarlah unggul.
  • Jika membeli benih secara online, pilihlah benih yang terdaftar dan bersertifikat.

Benih unggul pun dapat dilihat dan dipilih dari ciri-ciri seperti berikut ini:

  • Induknya memiliki daya tumbuh yang tinggi
  • Masa berlaku benih tidak melebihi lima bulan setelah diambil harus ditanam
  • Induknya memiliki persentasi buah sempurna sebesar 70%
  • Untuk mendukung benih supaya tetap unggul, benih harus dibungkus dengan wadah berjenis aluminium foil sehingga tidak terserang jamur.

Baca Juga:

Demikianlah beberapa langkah-langkah serta petunjuk dalam memilih benih pepaya California. Pengetahuan atau tips memilih benih pepaya California berkualitas unggul ini, dapat dijadikan panduan sehingga kemungkinan upaya budidaya pun semakin tinggi. Oleh karena itu, selalu cermati tips sebelum memulai usaha budidaya anda ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme