Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Tranplantasi Terumbu Karang Dengan Teknik Propagasi

Cara Tranplantasi Terumbu Karang Dengan Teknik Propagasi – Terumbu karang merupakan salah satu makhluk hidup di dunia yang dilindungi keberadaannya. Keberlangsungan hidup terumbu karang sangatlah terancam dari aktivitas manusia yang membahayakan habitat hidupnya. Berikut ini beberapa ancaman aktivitas manusia yang dapat mengganggu keberlangsungan hidup terumbu karang.

1

  • Penangkapan ikan dengan beberapa cara yang tidak ramah lingkungan, contohnya bom ikan.
  • Pencemaran laut karna limbah individu maupun perusahaan.
  • Pembangunan pesisir yang menyempitkan habitat terumbu karang
  • Serta berbagai aktivitas yang merusak laut sebagai habitat terumbu karang.

Telah dilakukan berbagai upaya dari pemerhati lingkungan untuk memperbaiki ekosistem terumbu karang. Salah satu bentuk upaya tersebut adalah dengan melakukan transplantasi terumbu karang. Transplantasi terumbu karang adalah upaya pelestarian terumbu karang dengan mencangkok. Melakukan transplantasi terumbu karang bermanfaat untuk membantu mempercepat regenerasi terumbu karang yang telah rusak akibat pencemaran. Selain itu, transplantasi terumbu karang juga dapat bermanfaat untuk membangun daerah baru bagi terumbu karang untuk tumbuh.

Teknik transplantasi terumbu karang ini juga dikenal dengan istilah propagasi. Cara transplantasi terumbu karang dengan teknik propagasi dapat ditingkatkan keberhasilannya dengan memerhatikan dua hal berikut ini.

  • Pemilihan lokasi terumbu karang yang akan ditransplantasi; hindari lokasi yang memiliki banyak makro alga sebagai upaya memproritaskan rehabilitasi.
  • Pilihlah karang yang sehat untuk menjadi bibit transplantasi. Bibit ini nantinya akan menentukan keberhasilan transplantasi karang.

Dalam upaya penanggulangan dengan transplantasi karang terdapat beberapa rekomendasi yang harus dipertimbangkan. Misalnya saja jangan jadikan transplantasi karang sebagai sebuah proyek. Transplantasi karang sebagai sebuah proyek akan menyebabkan tujuan utama lambat tercapai. Sedangkan, transplantasi karang membutuhkan jangka panjang yang tidak bisa berbasis proyek. Untuk memulai proses transplantasi karang, perlu dilakukan berbagai penelitian mengenai informasi lokasi transplantasi karang. Informasi mendetail mengenai sifat kimiawi, biologi, dan fisika yang terkandung dalam lokasi terumbu karang. Setelah informasi yang dibutuhkan telah terkumpul, maka perlu dilakukan sosialisasi transplantasi terumbu karang. Informasi mengenai usaha penyelamatan terumbu karang dengan teknik propagasi perlu diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat. Sehingga upaya penyelamatan terumbu karang menjadi tanggung jawab bersama.

Sosialisasi dapat dilakukan dengan memberikan pengetahuan mengenai cara propagasi terumbu karang. Berikut ini cara transplantasi terumbu karang dengan teknik propagasi:

  • Pemilihan lokasi; pilihlah lokasi terumbu karang yang rusak dan bibit untuk tranplantasi dari terumbu karang yang baik dengan jarak yang tidak terlalu jauh.
  • Penentuan kondisi lingkungan; pilihlah lingkungan terumbu karang yang rusak dan terumbu karang yang baik dengan kedalaman serta arus air yang memiliki kemiripan.
  • Pengambilan bibit; ambilah bibit dengan cara memotong cabang karang dari induknya. Lakukan pemotongan dengan berjarak cukup jauh jangan saling berdekatan. Hal ini dilakukan untuk menghindari terbentuknya kerusakan ekosistem terumbu karang lainnya.

Baca Juga:

Demikianlah upaya berupa cara transpalantasi terumbu karang dengan teknik propagasi yang dapat dilakukan bersama-sama. Kesadaran dan tanggung jawab bersama dapat mempercepat proses penyelamatan terumbu karang. Jadi jagalah terumbu karang kita bersama dan selamatkan keberadaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme