Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Memilih Lokasi Kolam/Tambak Ideal Budidaya Ikan

Cara Memilih Lokasi Kolam/Tambak yang Ideal untuk Budidaya Ikan – Budidaya ikan merupakan suatu usaha dalam bidang perairan untuk menghasilkan ikan. Umumnya, budidaya ini dilakukan pada kolam atau “ruang” tertutup. Ikan-ikan yang biasa dibudidayakan adalah ikan-ikan hias dan ikan tawar untuk konsumsi. Ikan yang paling umum dibudidayakan adalah ikan mas, ikan nila, dan ikan lele. Ketiga jenis ikan tersebut diketahui sebagai ikan konsumsi yang paling tinggi nilai permintaannya.

Pemilihan lokasi untuk budidaya ikan

Tingginya permintaan akan ikan-ikan air tawar tadi tentu akan menarik perhatian para pengusaha. Peluang bisnis yang menjanjikan dari budidaya tentu membuat banyak pengusaha memutuskan untuk membuka usaha budidayanya. Akan tetapi usaha budidaya ikan membutuhkan perhatian yang khusus. Perhatian itu tentunya berkaitan dengan keberhasilan dari budidaya ikan yang akan dilakukan. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kesuksesan budidaya ikan adalah lokasi kolam/tambak untuk budidaya. Tentu terdapat standar ideal kolam/tambak untuk budidaya ikan. Berikut ini adalah dua kategori faktor yang harus dipertimbangkan sebagai cara pemilihan lokasi kolam/tambak untuk budidaya.

Baca: Cara Menanam Sawi Secara Hidroponik Yang Menguntungkan

Faktor kategori yang pertama dalam pemilihan lokasi kolam/tambak adalah faktor internal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam yang harus dipertimbangkan untuk memiliki lokasi kolam/tambak. Apa sajakah faktor yang termasuk dari faktor internal? Berikut ini daftarnya:

  • Faktor sumber air; faktor internal yang pertama adalah faktor sumber air. Kolam/tambak yang ideal untuk budidaya adalah yang memiliki sumber air yang jelas dan terjamin kuantitasnya. Sumber air yang tidak kering dan tersedia sepanjang tahun sangat ideal untuk menjadi kolam/tambak untuk budidaya ikan. Pilihlah kolam/tambak yang memiliki sumber air dari sungai atau waduk.
  • Faktor tanah sebagai dasar kolam; kolam/tambak yang ideal untuk budidaya ikan adalah yang memiliki dasar tanah dengan jenis tanah liat. Jenis tanah ini dapat mengurangi resiko kekurangan air akibat rembesan. Kecukupan air bagi ikan tentu juga dapat meningkatkan pertumbuhan ikan yang dibudidayakan.
  • Faktor lingkungan sumber air; seperti yang telah dijelaskan di poin pertama bahwa sumber air menjadi penentu ideal atau tidaknya kolam/tambak dipilih untuk budidaya. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga lingkungan tempat sumber air berada. Misalkan kolam/tambak kita menjadikan sungai sebagai sumber air, namun tak jauh dari sungai tersebut terdapat pabrik yang membuang limbahnya ke dalam sungai. Keadaan ini menyebabkan air tempat hidup ikan menjadi tercemar dan ikan gagal untuk berkembang. Oleh karena itu, pilihlah lokasi kolam/tambak yang jauh dari resiko tercemar limbah.
  • Faktor kualitas air; dalam memilih lokasi kolam/tambak perlu sekali diperhatikan kandungan dari air yang berasal dari sumber air. Pilihlah air dengan pH yang ideal untuk ikan dapat tumbuh dan berkembang. Pilihlah air yang jernih dan tidak mengandung zat-zat yang membahayakan ikan.

Faktor dengan kategori kedua adalah faktor eksternal. Faktor-faktor eksternal ini haruslah dipertimbangkan dalam memilih lokasi kolam/tambak untuk budidaya ikan. Berikut ini faktor eksternal dalam memilih kolam/tambak:

  • Faktor strategis dan kemudahan; lokasi kolam/tambak tentu harus memperhitungkan strategisnya. Dekat dari pasar sebagai penampung hasil budidaya dan dekat dari sarana transportasi sebagai upaya mempermudah proses distribusi. Selain itu jika tempat yang dipilih adalah tempat yang strategis, tentu akan lebih mudah mencari tenaga kerja untuk bekerja di tempat budidaya yang dibangun.
  • Faktor sosial budaya; lokasi kolam/tambak yang kita pilih haruslah yang sesuai dengan nilai sosial budaya di lingkungan tersebut. Jauhi pilihan dekat dengan perumahan karena akan mengganggu dan menerima penolakan dari masyarakat sosial di sana.
  • Faktor keamanan; lokasi kolam/tambak yang harus dipilih merupakan yang jauh dari kemungkinan hama atau penyakit. Selain itu, keamanan dari predator ikan pun menjadi faktor pertimbangan

Baca Juga:

Demikianlah dua faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih kolam/tambak yang ideal. Pemilihan yang tepat di awal mula terbentuknya budidaya dapat menentukan keberhasilan budidaya anda untuk seterusnya. Oleh karena itu, berikan perhatian khusus dan waktu lebih dalam menentukan lokasi kolam/tambak yang tepat dan sesuai serta ideal bagi ikan yang akan anda budidayakan.

Kata Kunci Pencarian:

  • Lokasi budidaya ikan
  • Persyaratan budidaya ikan
  • Tambak ideal budidaya ikan
  • Pemilihan kolam budidaya ikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme