Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Menanam Kelengkeng Berbuah Sepanjang Tahun

Cara Budidaya dan Menanam Tanaman Kelengkeng Berbuah Sepanjang Tahun – Buah kelengkeng merupakan buah manis yang menjadi favorit masyarakat. Kelengkeng baik untuk dikonsumsi langsung ataupun diolah menjadi makanan lain. Pada sejarahnya tanaman kelengkeng merupakan tanaman yang tumbuh liar tanpa melalui budidaya. Akan tetapi seiring meningkatnya pamor dari buah kelengkeng, maka meningkat pula para pembudidayanya.

Menanam Tanaman buah kelengkeng

Tanaman kelengkeng sendiri memiliki pohon yang tidak terlalu tinggi dan besar. Nama latinnya adalah Dimocarpus logan. Buah dari tanaman ini berwarna cokelat tua jika sudah matang dan dagingnya berwarna putih. Rasa buahnya sangat manis dan daging buahnya sangat tebal. Dari semua varietas tanaman kelengkeng, terdapat varietas yang dapat tumbuh sepanjang tahun. Varietas kelengkeng tersebut disebut Kelengkeng Diamond River.

Baca: Ramuan Tradisional Ampuh Obati Penyakit Ikan Lele

Kelengkeng Diamond River adalah kelengkeng yang dapat tumbuh dengan subur, sepanjang tahun di Indonesia. Kelengkeng jenis ini dapat tumbuh subur di Indonesia karena habitatnya yang memang cocok dengan dataran rendah Indonesia. Pertumbuhannya sangat cepat akibat dari percabangannya yang banyak dan sangat produktif. Menghasilkan produksi yang tinggi setelah umurnya menginjak usia satu tahun. Oleh karena keuntungannya yang dapat berbuah sepanjang tahun, bibit kelengkeng diamond river menjadi pilihan utama untuk dibudidayakan. Akan tetapi, kelengkeng yang berbuah sepanjang tahun, selain bergantung pada bibit juga bergantung pada cara penanaman dan perawatannya. Tentu hal ini menjadi topik yang menarik untuk diketahui oleh para penggiat tanaman. Bagaimana cara membuat tanaman kelengkeng agar berbuah sepanjang tahun? Itulah pertanyaan yang akan kita temukan jawabannya bersama-sama melalui penjelasan di bawah ini.

Cara membuat tanaman kelengkeng agar berbuah sepanjang tahun, dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pemilihan bibit; seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pilihlah bibit kelengkeng jenis diamond river.
  • Persiapan lahan; untuk mengatasi buah agar tidak becek karna kandungan air yang terlalu tinggi perlu dibuat bedengan. Bedengan dibuatkan lubang dengan ukuran berkisar 60 cm hingga 80 cm. Keringkan lubang selama satu hingga tiga minggu sesuai kebutuhan. Persiapkan pula tanah yang gembur sebagai media tanam. Untuk mencukupi kebutuhan hara tanaman tambahkan pula pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan sebesar 1 : 1 : 1.
  • Teknik penanaman; untuk memastikan kesuksesan tanaman kelengkeng, terlebih dahulu dibudidayakan dalam pot lebih baik. Budidaya dalam pot dilakukan selama satu tahun sebelum dipindahkan ke tanah langsung. Hal yang perlu diperhatikan adalah, kepastian penggunaan media tanam pada pot dan pada lahan langsung haruslah sama.
  • Teknik pemupukan; jangan berikan pupuk berlebihan dan jangan pula berkekurangan. Berikan pupuk kandang dengan dosis 2 kg dalam jangka waktu dua bulan sekali, pupuk daun dengan dosis 5g/L dalam jangka waktu satu minggu sekali, serta fungisida dengan dosis 2ml/L dalam jangka waktu seminggu sekali. Setelah berusia 1,5 tahun berikan pupuk instant blue. Akan tetapi sekali lagi perlu diperhatikan dosis pemberian pupuk. Jika terlalu berlebihan maka budidaya akan gagal, karena kelengkeng diamond river sangat rentan overdosis pupuk.
  • Tenik pengairan; dilakukan dua hari sekali.
  • Teknik pemangkasan; semakin banyak cabang tentu akan semakin banyak buah yang dihasilkan. Oleh karena itu, untuk menambah jumlah cabang perlu dilakukan pemangkasan secara berkala. Batang yang berwarna kecokelatan merupakan tanda bahwa tanaman siap dipangkas. Pemangkasan dilakukan pertama kali di usia tanaman yang kedua bulan.
  • Teknik pembungaan; dapat dilakukan dengan menyemprotkan nutrifarm untuk mendukung percepatan pembungaan.
  • Teknik pencegahan hama; melakukan pembungkusan buah dengan keranjang anyam dan dengan menggunakan insektisida.

Baca Juga:

Manfaat Besar Kandungan Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan

Cara Budidaya Kelengkeng Dengan Buah Berlimpah

Jenis – Jenis Tanaman Buah Menggunakan Pot

Melalui cara-cara yang telah disebutkan di atas, maka kelengkeng mungkin dapat berbuah sepanjang tahun. Akan tetapi, perawatan dan penjagaan akan tanaman tidak bisa dikompromi. Perlu kedisplinan untuk hasil yang memuaskan. Jadi tunggu apa lagi? Segera tanam kelengkeng dan nikmati buahnya sepanjang tahun.

Kata Kunci Pencarian:

  • Menanam Kelengkeng
  • Budidaya Kelengkeng
  • Hasil Kelengkeng Berlimpah
  • Berbuah Sepanjang tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme