Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Jenis – Jenis Tanaman Buah Menggunakan Pot

Jenis – Jenis Tanaman Buah Menggunakan Pot – Tanaman pot memanglah sangat populer sekali beberapa tahun ini. Karena selain dapat untuk pohon pelindung atau perindang tanaman ini juga berguna untuk menghasilkan produksi buah yang bisa di konsumsi.

1

Pada umumnya keterbatasam lahan tidaklah menjadi sebuah alasan untuk bercocok tanam buah. Tetapi memerlukan sebuah strategi untuk mengatasi hal tersebut, jangan sampai penanaman buah dengan menggunakan pot ini mala menggangu sebuah aktivitas, namun malah sebaliknya membuat ketenangan dan kesejukan suasana.

Memanglah bibit yang di gunakan bisa di lakukan sendiri maupun membelinya di tempat penjualan bibit tanaman buah. Tetapi perlu di perhatikan tanaman yang paling cocok untuk media pot dan tanaman yang dapat menyesuaikan dengan media tanam.

Biasanya para penjual bibit sudah paham akan kondisi seperti ini yang dapat tumbuh dan berkembang dengan baik menggunakan media pot. Pastinya akan menyarankan bahwa tanaman buah tersebut bisa tumbuh dengan baik di media tanah yang relatif kecil atau sedikit.

Penanaman ini tidaklah jauh beda dengan penanaman lainnya di lahan. Namun hanya perbedaan media tanam saja yang relatif kecil dan terbatas. Meskipun menggunakan metode penanaman menggunakan pot, tetapi harus juga memperhatikan jenis tanaman dan lokasi penanaman yang baik.  Hal ini akan dapat mempercepat tanaman berbuah dan berkembang dengan baik di lingkungan yang relatif terbatas.

Jika sudah menguasi hal tersebut maka harus memperhatikan perawatan berupa penyiraman teratur dan pemupukan secara berskala dengan baik. Dan juga mengantisipasi serangan hama dan penyakit pada tanaman.

Ada beberapa tanaman yang baik untuk di tanam dengan menggunakan media pot, baik di halaman rumah maupun di lahan terdekat. Untuk penghematan lahan di sekitar.

  • Tanaman durian
  • Tanaman jeruk nipis
  • Tanaman mangga
  • Tanaman jambu biji
  • Tanaman jambu air
  • Tanaman buah naga
  • Tanaman kelengkeng
  • Tanaman rambutan
  • Tanaman sawo
  • Tanaman belimbing
  • Dan tanaman matoa

Tanaman tersebutlah yang dapat menggunakan media tanam di dalam pot. Untuk melakukan penanaman dengan maksimal dan menghasilkan produksi buah yang baik harus melakukan beberapa hal berikut:

a.Penyiangan

penyiangan merupakan salah satu membersihkan sebuah gulma dan tanaman liar yang menggangu disekitar tanaman buah.

b.Penyulaman

penyulaman merupakan salah satu menganti sebuah tanaman yang sudah mati dengan tanaman baru. Hal ini dilakukan bertujuan agar tanaman serentak atau tumbuh dengan sama tanaman buah lainnya.

c.Penyiraman

penyiraman ini dilakukan setiap harinya yaitu 2 kali dalam satu hari. Namun apabila musim hujan tiba sebaiknya mengurangi penyiraman bertujuan agar tanaman tetap tumbuh dengan baik.

d.Pemupukan

pemupukan dengan teratur dan berskala akan memperecapat pertumbuhan dengan menyuburkan tanah dan menormalkan ph tanah.

e.Penjarang

Penjarangan meruapakan hal yang sangat penting juga untuk media pot. Penjaran ini dilakukan bertujuan untuk mengurangi kontak langsung dengan daun dan ranting pada tanaman. Jika kontak langsung daun akan menghambat pertumbuhan pada tanaman buah pot.

Baca juga :  Panduan Praktis Budidaya Buah Matoa

1 Comment

Add a Comment
  1. jika tanaman sudah cukup besar, apa harus ganti pot?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme