Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya Kelengkeng Dengan Buah Berlimpah

infomasakini.com – Kelengkeng adah tumbuhan yang banyak di jumpain di indonesia . perlu di ketahui kelengkeng terbagi 2 jenis yaitu kelengkeng dataran rendah dan kelengkeng dataran tinggi . kelengkeng dataran tinggi ini lah yang banyak di indonesia di kembangkan , sedangkan kelengkeng dataran rendah banyak di jumpain di thailand dan di vietnam namun tidak berkembang saat ini.

indexw

persyaratan menanam kelengkeng yaitu tanah yang subur , gembur dan juga sudah dicampur dengan tambahan pupus kompos . lengkeng ini sangat lah cocok di tanam dengan iklim dan curah hujan yang sangat lah bagus antara 1.5000 – 3000 m curah ujan pertahun dengan 9 -12 perbulantanah harus basah dan kering antara 2 – 4 bulan .

BUDIDAYA KELENGKENG

1. PENANAMAN

Penanaman kelengkeng harus di di lakukan musim hujan ,  dengan kedalam tanah yang idealnya antara 60 x 60 x 60 atau 100 x 100 x 60 cm sesuai dengan ukuran bibit yang akan di tanam , jarak antara tanam yaitu antara 6 x 6 meter.

2. PEMUPUKAN

Pupuk yang di gunakan yaitu pupuk buatan atau kimia juga bisa , tapi saya akan menjelaskan denagn pupuk buatan seperti pupuk urea antara 100 – 300 gr , TSP 400 – 1000 kg dan pupuk KCL 100 – 300 gr . pupuk ini di berikan selam selang 3 bulan . selain itu tambah kan pupuk yang sangat lah bagus untuk tanaman yaitu POC NASA  , HARMONIK , SUPERNASA , DAN POWERNUTRITION . Campurkan terlebih dahulu poc nasa , harmonik dan supernasa dalam satu wadah dengan ukuran 1 tutup botol atau 15 – 20 liter air . sedangkan powernutrition akan di berikan setelah tanaman kelengkeng berbuah.

3. PENYIRAMAN

Penyiraman ini di lakukan 2 hari sekali secara teratur agar pertumbuhan semakin berkembang.

4. PEMANGKASAN

pemangkasan dilakukan selama musim hujan tanaman yang belum berbuah yang baik di pangkas , bagian yang di pangkas yaitu cacbang- cabang liar , tumbuh berkesimbungan dengan tumbuhan lain  dan  tumbuh mengarah kedalam .

5. MASA PANEN

musim panen terjadi awal bulan januari – febuari antara 300 – 600 kg per pohon .masa panen buah kelengkeng ini buahnya tidak bisa diperam tetapi matang di pohon . peralatan untuk pemanenan yaitu alat potong sperti gunting atau pisau , tanda- tanda buah matang berwarna kecoklatan gelap licin dan mengeluarkan aroma.

Baca Juga Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme