Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Teknik Membuat Tanaman Cabai menjadi Tanaman Bonsai

Teknik Membuat Tanaman Cabai menjadi Tanaman Bonsai – Membudidayakan cabai sudah menjadi hal yang biasa ditemukan. Akan tetapi, tahukah anda tanaman cabai juga dapat dibudidayakan dalam bentuk mini seperti tanaman bonsai? Trend membuat tanaman cabai menjadi tanaman bonsai diawali oleh, ide untuk mendapatkan pohon bonsai yang berbuah dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.

Membuat tanaman cabe menjadi bonsaiUkuran tanaman bonsai yang kecil dan bentuknya yang sangat menarik sering menjadi alasan, bahwa tanaman bonsai sulit untuk dibuat. Pada kenyataannya, tanaman bonsai cukup mudah untuk dibuat. Beberapa jenis pohon atau tanaman lain dapat diubah menjadi tanaman bonsai, sama seperti tanaman cabai. Berikut ini cara membuat bonsai cabai, perhatikan dengan saksama ya.\

Baca: Cara Mudah Memperbanyakan Anakan Tanaman Padi

  • Pilihlah tanaman cabai yang tidak terlalu tinggi dan sesuai dengan karakterik tanaman bonsai. Karakteristik tanaman bonsai yang dimaksud adalah jarak antara akar dan ujung ranting yang maksimal berkisar 20 cm. Selain itu, karakteristik tanaman bonsai lainnya adalah ranting-rantingnya yang berkelok dengan indah, oleh karena itu pilihlah tanaman cabai yang ranting pohonnya mudah dibentuk.
  • Setelah dilakukan pemilihan dan dipilih tanaman cabai yang paling cocok, lakukan pemangkasan. Pilihlah juga tanaman cabai yang akarnya bagus dan buang beberapa akar serabutnya. Hal ini dilakukan sebagai upaya mempercepat pertumbuhan tanaman dalam pot nantinya.
  • Pemilihan pot untuk tanaman bonsai juga menjadi salah satu cara membuat bonsai cabai. Pemilihan pot ini harus disesuaikan dengan ukuran tanaman cabai sebelumnya. Nilai seni yang dapat meningkatkan nilai jual tanaman bonsai cabai, juga dapat dinilai dari pot yang digunakan.
  • Tanamlah tanaman cabai pada pot dan tunggu beberapa minggu sambil tetap menyiram secara teratur. Setelah beberapa minggu akan muncul tunas-tunas baru bakal pertumbuhan bonsai cabai. Tunas-tunas inilah yang nantinya akan menghasilkan daun-daun serta buah-buah cabai yang baru.
  • Setelahnya terus cukupkan kebutuhan pupuk tanaman dan lakukan pemangkasan secara berkala. Pemangkasan ini dilakukan pada daun-daun yang sudah besar dan tua untuk membantu daun muda terus tumbuh dengan subur. Jika daun-daun sudah muncul dengan subur, dapat dilakukan ke tahapan berikutnya.
  • Agar memudahkan bonsai cepat berbuah dan mempercantik juga bentukannya, berikanlah pencepat atau perangsang agar buah cepat dihasilkan oleh tanaman bonsai cabai tersebut. Jika berhasil anda akan mendapatkan tanaman bonsai cabai yang cantik dan memiliki nilai jual sangat tinggi.

Baca Juga:

Berikut tadi beberapa cara mengubah tanaman cabai biasa anda menjadi tanaman bonsai cabai yang memiliki nilai tinggi untuk menghiasi rumah. Secara keseluruhan memang cara yang dibutuhkan dalam membuat bonsai cabai tidaklah terlalu rumit dan sulit. Hal yang paling penting untuk diperhatikan saat ini adalah, bagaimana cara membuat bonsai cabai ini juga dapat dijadikan suatu peluang usaha. Oleh karena itu, segera buat tanaman bonsai cabai anda sendiri dan nikmati keunikan serta keindahannya.

Kata Kunci Pencarian:

  • Membuat Bonsai Cabe
  • Menanam cabe menjadi bonsai
  • Budidaya cabe menjadi bonsai
  • Tanaman cabe menjadi bonsai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme