Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Meningkatkan Hasil Produksi Tanaman Padi

Cara meningkatkan hasil produksi tanaman padi – Halo pembaca, pada kesempatan kali ini kami akan memposting artikel tentan cara meningkatkan hasil produksi tanaman padi. Mungkin kiranya artikel sederhana di web kami bisa bermanfaat untuk anda. Maka dari itu, ada baiknya bila anda menyimak artikel kami berikut ini.

cara meningkatkan hasil produksi tanaman padi

1. Melakukan pemupukan padi


Cara untuk meningkatkan hasil produksi tanaman padi di sawah yang pertama adalah dengan melakukan pemupukan sedari tahap awal. Setelah padi selesai ditanami dan telah berumur sekitar satu bulan, maka anda sudah bisa melakukan pemupukan tahap awal. Karena, dengan metode pemupukan tahap awal ini akan membuat padi terangsang dan cepat tumbuh dengan subur di sawah. Dalam hal pemilihan pupuk yang baik dan sesuai, maka diperlukan ketelitian serta kejelian anda sebagai petani. Jangan sampai kita salah memilah pupuk.

2. Membersihkan tanaman gulma yang tumbuh disekitar padi


Cara meningkatkan produksi padi yang kedua adalah, anda harus rajin membersihkan gulma atau yang kerap disebut rumput liar agar tidak berpotensi menggangu pertumbuhan tanaman padi. Jika gulma sudah tidak tumbuh disekitar padi, maka padi dapat berpotensi bisa tumbuh lebih cepat.

3. Basmi semua hama dan penyakit


Cara untuk meningkatkan produksi padi yang ketiga adalah dengan cara membasmi hama penyakit pada tanaman padi sawah. Hama yang biasanya menyerang tanaman padi di sawah adalah walang sangit, wereng, dan sebaginya. Biasanya kami mengaplikasikan produk pembasmi hama yang banyak dijual di toko pertanian terdekat. Salah satunya adalah “Imidastar 200 SL”. Memang, segi keunggulan Imidastar 200 SL tidak perlu anda ragukan lagi. Selain produk tersebut, sebenarnya juga masih banyak produk pembasmi hama lain yang dapat anda gunakan.

4. Pemupukan Tanaman Padi Tahap Kedua


Cara untuk meningkatkan produksi padi yang keempat adalah dengan melakukan pemupukan tahap kedua. Setelah tanaman padi berumur sekitar 2 bulan atau padi telah menghijau, sebiknya anda segera melakukan pemupukan lagi agar dapat mempercepat pertumbuhan serta tentunya agar hasil panen padi menjadi lebih baik dan jumlahnya maksimal.

5. Menjaga selalu tanaman padi anda secara cerdas


Cara untuk meningkatkan produksi padi yang kelima adalah dengan senantiasa menjaga tanaman padi sawah anda dari ancaman berbagai macam hewan peliharaan maupun binatang aneh lain, terutama setelah padi mulai memasuki masa peridode berbuah / berisi.

Sebenarnya inti dari usaha untuk meraih kesuksesan dalam upaya meningkatkan hasil panen budidaya padi di sawah terletak pada diri anda. Jika anda rajin melakukan perawatan dan melakukan hal-hal yang kami sarankan diatas, maka selayaknya hasil panen padi sawah anda akan bisa meningkat.

Baca Juga:

Semoga artikel ini cukup membantu anda untuk meningkatkan hasil produksi tanaman padi di sawah, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme