Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Pembenihan Ikan Neon Tetra

Cara Pembenihan Ikan Neon Tetra – Pembenihan ikan memanglah sangat menyulitkan bagi para petani terutamanya pembenihan ikan neon tetra yang banyak memakan banyak waktu dan juga pemeliharaan yang sangat optimal. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang gagal mengembangkan pembenihan ini di berbagai daerah.

1

Pembenihan ini harus di lakukan dengan sebaik mungkin agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Jika masih pemula janganlah takut untuk mencoba pembenihan ini karena pembenihan ini sangat menguntungkan bagi anda. Berikut cara pembenihan ikan neon tetra dengan mudah dan sederhana.

Pemilihan indukan

Pemilihan indukan adalah hal yang paling utama di perhatikan sebelum melakukan pembenihan dan juga pembesaran. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan benih dan bibit yang sangat memuaskan atau pertumbuhan yang cepat. Berikut cara pemilihan indukan yang berkualitas dan juga pertumbuhan cepat.

Indukan betina :

  • Indukan sudah berumur 1-2 tahun bahkan lebih
  • Indukan sudah memiliki gonad.
  • Indukan memiliki gerakan lincah, dan warna bagus.
  • Indukan memiliki ukuran yang maksimal
  • Indukan bebas dari hama dan penyakit.

Indukan jantan :

  • Indukan sudah berumur 6 bulan – 1 tahun bahkan lebih
  • Indukan memiliki sperma yang berkualitas
  • Indukan memiliki gerakan lincah, dan warna lebih cerah.
  • Indukan memiliki ukuran yang maksimal
  • Indukan bebas dari hama dan penyakit.

Persiapan Kolam Pemijahan

Persiapan sangat memperngaruhi pertumbuhan dan perkembangan ikan neon tetra. Oleh karena itu, persiapan ini adalah hal utama yang harus di perhatikan untuk menghasilkan benih atau bibit yang sangat berkualitas. Berikut persiapan kolam atau wadah pemijahan ikan neon tetra dengan mudah dan sederhana.

  • Kolam atau wadah yang di butuhkan adalah berukuran 1-2 meter persegi bahkan lebih tergantung dengan pemilik.
  • Pengairan yang bagus dan juga memiliki pH keasaman maksimal 6-7
  • Melakukan pengapuran kolam pembenihan kolam ( kalau wadah tidak melakukan pengapuran ) selama 1-2 minggu, sebelum pemijahan di lakukan.
  • Setelah itu, pemberian air dan mencampurkan larutan garam. Bertujuan untuk menjaga kualitas air tetap baik.
  • Dan diamkan selama 3-4 hari, baru lakukan penebaran ikan yang sudah siap untuk di pijah.

Pemijahan Ikan Neon Tetra

Pemijahan ini di lakukan dengan baik di kolam atau wadah yang bersih atau steril. Dengan perbandingan jantan dan betina yaitu 1: 2  atau 1: 3 tergantung dengan pemilik. Pemijahan ini bisa di lakukan dengan kimiawi yaitu penyuntikan dengan pengambilan sperma jantan dan memasukan sperma di bagian sel telur  ikan betina.

Pemeliharan Ikan Neon

Pemeliharaan ikan saat melakukan pemijahan ini sangat tergolong mudah dan sederhan, hanya saja di lakukan pengawasan dengan teratur dan juga maksimal. Hal ini untuk menjaga ikan agar tetap melakukan pemijahan ( perkawinan ) dalam kolam atau wadah. Namun, jika melakukan pemijahan secara penyuntikan melakukan pemeliharaan sangat mudah juga, melakukan pengontrolan air dan juga pergerakan ikan hingga terjadi peneluran ikan neon tetra.

Pemanenan Pembenihan ikan

Pemanenan pembenihan ikan neon ini di lakukan jika sudah menetas di dalam kolam ataupun wadah tempat pemijahan. Pemanenan ini di lakukan dengan cara pemindahan benih atau bibit di wadah lainnya. Serta melakukan penyeleksian benih ikan berkualitas dan kurang berkualitas, dan lakukan pembesaran ikan  di kolam atau melakukan pemasaran benih di berbagai wilayah.

Baca juga : Cara Membuat Pakan Alternatif Ikan Gurami Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme