Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Sukses Budidaya Blewah Yang Baik Agar Menguntungkan

Cara Sukses Budidaya Blewah Yang Baik Agar Menguntungkan – Melihat buah yang bulat dan berwarna daging jingga dengan semburat warna putih ini membuat sebagian orang merasa tergiur. Tanaman blewah sendiri sangat identik dengan minuman ataupun makanan penutup yang menggugah selera. Baik itu untuk es blewah, campuran sop buah, es campur ataupun makanan penutup lainnya. Tidak heran, pada saat bulan suci Ramadan, di pasar-pasar di seluruh Nusantara, banyak pedagang yang menjual blewah untuk minumann berbuka puasa.

cara budidaya blewah yang menguntungkan

Melihat pangsa pasar dan keuntungan yang sangat besar, sudah lumrah jika banyak petani yang mulai melirik budidaya tanaman blewah menjelang bulan suci Ramadan ataupun sepanjang tahun. Nah, berikut ini adalah Cara Sukses Budidaya Blewah Yang Baik Agar Menguntungkan bagi para petani ataupun para pemula yang ingin mencoba membudidayakan blewah di kebun atau lahan pekarangan rumah:

Baca:Cara Agar Jeruk Keprok Cepat Berbuah Lebat

Cara Sukses Budidaya Blewah Yang Baik Agar Menguntungkan Dari Segi Pengolahan Tanah

Lahan yang paling tepat untuk ditanami blewah adalah tanah yang keras atau padat, seperti persawahan ketika musim kemarau. Pengolahan tanah sebaiknya dilakukan untuk membasmi tanaman liar atau rumput liar pengganggu maupun sisa tanaman sebelumnya.

Kemudian, dibuat bedengan dengan lebar 60-80 cm dan parit selebar 40 cm. jarak rentang bedengan satu dengan yang lain sekitar 2 meter.

Cara Sukses Budidaya Blewah Yang Baik Agar Menguntungkan Dari Segi Pemupukan

Pemberian pupuk bisa memanfaatkan pupuk organik atau campuran KCL dan ZA. Sebisa mungkin periksa kadar pH tanah untuk menjaga keseimbangan 6.0. Kemudian, sirami untuk menjaga kelembapan tanah atau biarkan saja tersiram hujan. Tunggu hingga 1 minggu, kemudian berikan 1 kg pupuk kompos. Tutup bedengan memakai mulsa plastik untuk meningkatkan perkembangan dan mencegah munculnya gulma. Lubang tanam bisa dibuat jarak per 60 cm.

Cara Sukses Budidaya Blewah Yang Baik Agar Menguntungkan Dari Segi Persiapan Bibit

Bibit dapat disemai apabila mencapai umur 10-14 hari agar bisa dipindahkan ke bedengan. Benih dapat dibuat dari biji blewah yang sudah tua dengan varietas unggul, atau membeli bibit jenis hibrida.

Cara Sukses Budidaya Blewah Yang Baik Agar Menguntungkan Dari Segi Cara Penanaman

Usahakan lahan yang akan ditanami digenangi air terlebih dahulu. Kemudian baru dilubangi sesuai ukuran polybag. Perlahan-lahan lepas plastik polybag agar media tidak pecah atau bibit tidak mengalami stres. Masukkan dalam lubang tanam, kemudian padatkan tanah agar bibit dapat berdiri tegak. Sebisa mungkin, penanaman blewah dilakukan pada sore hari agar bibit tidak kekurangan kelembapan dan bisa tumbuh maksimal. Setelah ditanam, segera sirami dengan air secukupnya.

Cara Sukses Budidaya Blewah Yang Baik Agar Menguntungkan  Dari Segi Pembasmian Hama

Umumnya, hama dan penyakit yang menyerang jenis tanaman rambat seperti blewah, timun, semangka dan pare sama. Hama yang kerap menyerbu antara lain jangkrik, ulat grayak, ulat buah atau lalat buah. Pembasmian hama yang paling tepat adalah penyemprotan insektisida.

Baca juga:

Semoga informasi mengenai Cara Sukses Budidaya Blewah Yang Baik Agar Menguntungkan ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme