Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Ciri – Ciri Ayam Cemani Bagus dan Berkualitas

Ciri – Ciri Ayam Cemani Bagus dan Berkualitas – Ayam cemani merupakan salah satu unggas yang asli berasal dari Indonesia, Ayam ini di perkirakan berasal dari pulau Jawa di Desa Kedu. Ayam cemani memiliki sebutan juga Ayam kedu di karenakan ayam cemani pada awalnya berasal dari Desa Kedu. Ayam cemani dahulu kebanyakan digunakan untuk acara – acara tertentu, misalnya ritual adat dalam pernikahan bahkan lainnya.

2.1

Bukan hanya itu, dahulu ayam cemani tidak digunakan untuk sebagai ayam pedaging maupun petelur dan sebai ayam hiasan. Namun dengan perkembangan jaman ayam cemani pun memiliki harga jual yang cukup tinggi dibandingkan dengan ayam lainnya, oleh sebab itu kebanyakan peternak ayam mulai mengembangkan ayam cemani dari berbagai daerah.

Baca :  Cara Menentukan Umur Kambing

Namun, dalam perkembangan dan pemeliharaan harus terlebih dahulu menentukan ciri – ciri khusus dari ayam cemani yang bagus dan berkualitas serta menentukan ayam cemani yang asli. Jika ingin mengetahui ciri – ciri ataupun karakteristik yang bagus dan berkualitas dari ayam cemani tersebut, perhatikan ulasan berikut ciri – ciri ayam cemani bagus dan berkualitas.

  • Hal pertama yang harus di perhatikan dalam memilih ayam cemani adalah bulu. Bulu yang bagus dan memenuhi persyaratan peternakan ayam cemani adalah memiliki bulu hitam mengkilap atau tidak kusam, mulai dari paruh hingga bagian kaki pun berwarna hitam.
  • Kedua harus melihat bagian kulit dalam berwarna kehitaman, bagian muka berwarna kehitaman juga, leher dan seluruh badan berwarna kehitaman.
  • Ketiga harus melakukan pengecekan bagian kuku dan kaki cemana harus bagus tidak ada penyakit yang menyerang dan bagian tersebut berwarna hitam pekat.
  • Keempat memperhatikan bagian dubur dengan baik, biasanya ayam cemani yang bagus dan berkualitas memiliki warna kehitaman pekat.
  • Penampilan bobot ayam jantan dewasa 3 – 4 kg dan betina mencapai 2 – 3 kgi dengan karakteristik tubuh berukuran sedang, buku ekor naik, dan jengger berukuran besar.
  • Penampilan secara internal pada ayam cemani yang baik adalah berasal dari indukan berkualitas, pertumbuhan yang pesat, nafsu makan yang kuat, dan memiliki produktivitas yang baik.

Catt : Dalam menentukan karakteristik atau ciri – ciri ayam cemani yang bagus dan berkualitas, sebaiknya bisa di lakukan dengan melakukan pengamatan secara internal dan eksternal melalui panca indra maupun peralatan tertentu.

Baca juga :

Demikianlah ulasan tentang ciri – ciri ayam cemani yang bagus dan berkualitas semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme