Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Ciri-Ciri Pupuk Kompos Yang Baik dan Berkualitas

Ciri-Ciri Kompos Yang Baik dan Berkualitas – Dalam kesempataan kali ini, akan membahas tentang ciri-ciri kompos sudah jadi, ciri-ciri kompos sudah matang atau ciri kompos telah matang, ciri-ciri kompos berkualitas, dan ciri kompos yang baik untuk pertanian.

Baca: Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik

Ada beberapa kriteria/syarat-syarat pupuk kompos yang sangat baik dan berkualitas untuk tanaman pertanian. Berikut kriteria/syarat-syarat efektif pupuk kompos yang baik dan berkualitas, baik dari segi fisik, kimiawi dan biologis yaitu sebagai berikut:

Ciri-ciri Kompos Yang Baik

1.Bau Kompos

Kompos yang sudah jadi atau sudah matang berbau harum dan hampir menyerupai tanah. Namun apabila kompos berbau busuk/tidak sedap, hal tersebut terjadinya proses fermentasi anaerob dan akan menghasilkan senyawa-senyawa yang akan membahayakan tanaman. Apabila kompos masih berbau bahan mentah, berarti kemungkinan belum matang/jadi.

2.Warna Kompos

Warna kompos yang sudah matang adalah berwarna coklat kehitam-hitaman. Apabila kompos berwarna hijau atau masih berwarna seperti bahan mentah kompos tersebut belum matang.

3.Pengumpalan Kompos

Pengumpalan kompos yang sudah matang sangat menggumpal bila dilakukan pengepalan/dipegang. Apabila dilakukan penekanan dengan lunak, gumpalan kompos akan hancur dengan mudah.

4.Penyusutan Kompos

Penyusutan kompos yang sudah matang, akan tejadi karena tingkat kematangan kompos. Baik penyusutan volume ataupun bobot kompos, biasanya penyusutan tergantung dengan karakteristik dari bahan mentah dan tingkat kematangan kompos. Penyusutan berkisar antara 20-40%, apabila penyusutan masih sedikit kemungkinan proses pengomposan belum selesai dan kompos belum matang.

5.Suhu Kompos

Suhu kompos yang sudah matang biasanya hampir mendekati dengan suhu awal dari pengomposan. Suhu tersebut berkisar 50 derajat celcius, berarti proses pengomposan masih berlangsung.

6.Kandungan Air Kompos

Kandungan air kompos yang sudah matang idealnya adalah memiliki kandungan air yang berkisar antara 55-65%.

Adapun ciri ciri dari pupuk kompos yang baik dan berkualitas berdasarkan uji laboratorium/uji sifat kimiawi pupuk kompos adalah sebagai berikut:

  • Memiliki pH 6,5-7,5
  • Memiliki rasio C/N 10-20
  • Memiliki kapasitas tukar kation lebih besar 20 meq/100 gr
  • Memiliki daya hantar listrik lebih besar 2 mhos/cm
  • Kandungan Nitrogen 0,4-3.5%
  • Kandungan Phospor 0,3-3,5%
  • Kandungan Potasium 0,5-1.8%

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Ciri-ciri Pupuk Kompos Yang Baik dan Berkualitas semoga berguna dan bermanfaat. Bila ada kekurangan/kelebihan dalam penulisan mohon maaf. Terima Kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme