Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Fakta Unik Bunga Melati

Fakta Unik Bunga MelatiBunga melati adalah salah satu jenis bunga tanaman hias yang banyak di temukan di berbagai daerah dan juga wilayah sub tropis maupun tropis. Bunga melati ini memiliki warna yang sangat menarik dan juga bentuk yang sangat unik sehingga banyak yang menyukainya. Bukan hanya itu saja, bunga melati ini juga dapat mempercantik halaman rumah maupun rumah anda dengan menanamnya dalam media tanah maupun polibag ( pot ).

1

Bunga melati memiliki ragam spesies yang berada di Asia Tenggara, dan masing – masing spesies tersebut memiliki warna yang sangat bervariasi seperi warna kemerahan, keputihan, kekuningan dan bahkan juga warna lainnya. Bunga melati ini juga memiliki fakta unik yang menarik menurut beberapa informasi yang beredar diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Bunga melati ini berdasarkan UU 1990, adalah salah satu bunga yang di gunakan sebagai lambang bunga nasional. Selain dari pada bunga anggrek bulan yang memiliki warna dan bentuk yang sangat indah di lihat.
  2. Bunga melati ini di perkirakan berasal dari India, yang menyebar melalui kepulauan melayu dan juga hingga sampai saat ini bunga melati banyak di temukan di Indonesia.
  3. Bunga melati juga, merupakan salah satu lambang nasional kedua negara Filipina tahun 1934 yang di lansirkan berdasarkan proklamasi no 652 oleh Jendral Frank Murphy.
  4. Bunga melati ini juga banyak di gunakan sebagai adat atau tradisi yang melambangkan suatu kesucian, kesederhanaan, dan ketulusan seseorang. Biasanya banyak di temukan di Indonesia lebih tepatnya di kepulauan Bali.
  5. Bunga melati ini juga banyak di gunakan sebagai hiasan yang merupakan salah satu adat sunda yang biasanya di bentuk hampir menyerupai konde, dan juga rantai yang memanjang yang menghiasi tubuhnya. Di gunakan pada saat melakukan adat pernikahan, dan juga sangat di yakini bahwa dengan menggunakan bunga melati akan membantu membuat pasangan lebih harmonis sepanjang masa.
  6. Bunga melati juga banyak di gunakan sebagai sesajen nenek moyang atau roh. Biasanya hal tersebut banyak di temukan pada daerah kepulauan Bali, dan bunga ini juga banyak digunakan untuk pemakanan atau kematian serta ziarah orang meninggal.
  7. Bunga melati adalah sebagai simbol pahlawan yang di lansirkan berdasarkan lagu yang di ciptakan oleh Ismail Marzuki
  8. Bunga melati juga bisa di manfaatkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang ada di dalam tubuh seperti anti – radang, anti – inflamasi, menghaluskan kulit dan juga lainnya.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang kami dapatkan dari berbagai sumber mengenai fakta unik bunga melati semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme