Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Fakta Unik Tentang Bunga Bangkai

Fakta Unik Tentang Bunga Bangkai – Bunga bangkai ini adalah salah satu bunga yang sangat indah dan juga langkah di temukan. Salah satunya di Indonesia bunga ini hanya beberapa musim saja tumbuh dan berkembang pada daerah tertentu. Namun, banyak yang menyatakan bahwa bunga ini masih dalam spesies dengan bunga reflesia. Padahal bunga tersebut merupakan berbeda spesies satu antara lainnya.

1

Selain itu, ada beberapa perbedaan dan juga terdapat fakta menarik bahkan juga unik mengenai bunga bangkai yang sering kite ketahui selama ini. Nah, berikut ada beberapa fakta unik yang harus di ketahui.

  • Bunga bangkai ini sangat berbeda spesies dengan bunga reflesia, mulai dari morfologi maupun fisiknya. Terutamnya seperti daun, batang yang tumbuh dengan menjulang, sedangkan bunga yang terdapat pada reflesia ini tumbuh melalui sel inangnya yang tidak memiliki batang, daun maupun bunga.
  • Secara taksonomi yang dinyatakan pakar botani, bunga bangkai dan reflesia ini memiliki tingkatan yang berbeda satu sama lain. Bunga bangkai ( Amprphpophallus sp. ) dan bunga reflesia ( Rafflesia sp .
  • Bunga bangkai memiliki dua fase untuk dapat tumbuh dan berkembangnya yang dilakukan secara bergantian dan terus menerus yaitu fase vegetatif dan fase generatif. Dalam fase vegetatif ini bunga bangkai akan tumbuh batang tunggal dan juga daun yang hampir menyerupai daun pepaya. Sedangkan pada fase yang kedua generatif akan terdapat munculnya bunga yang majemuk yang akan mengantikan batang dan daun yang sudah layu atau mengguning.
  • Beberapa biji bunga bangkai yang harum akan berbunga yang membutuhkan 20 – 40 tahun pertama kalinya.
  • Ketika akan terjadi pemekaran bunga, bunga bangkai akan memiliki suhu yang ada di dalamnya sekitar 50 – 60 derajat celcius. Dalam kondisi ini bunga bangkai akan juga mengeluarkan udara atau asap ditengah dinginya udara pegunungan.
  • Bau pada bunga bangkai ini akan lebih menyengat atau busuk yang hampir menyerupai kertas di bakar, amis ikan dan juga telur busuk serta memiliki bau harum maskulin.

Baca juga :

Demikianlah fakta unik mengenai bunga bangkai semoga kita makin tahu bahwa bunga bangkai ini memiliki kesan menarik dan juga indah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme