Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Tebu

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Tebu –  Tebu ini memiliki nama latin atau ilmiah Saccharum officinarum yang termasuk dalam famili Graminae ( suku rumpu – rumputan ) adalah salah satu jenis tanaman semusim yang banyak di gunakan sebagai bahan utama penghasil gula. Tanaman ini di perkiraan berasal dari India, namun ada beberapa pendapat tanaman ini juga berasal dari Papua.

1

Tanaman tebu ini memiliki kandungan manis yang sangat tinggi, yang banyak di temukan pada bagian batangnya. Tebu ini memiliki banyak jenis dan  varietesnya mulai dari tebu kuning, tebuh merah dan bahkan tebuh lainnya. Namun, berdasarkan pakar botani tanaman tebu ini dapat diklasifikasi dan morfologi adalah sebagai berikut :

Klasifikasi tanaman tebu

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Subkingdom : Trachebionta ( Tumbuhan berpembuluh )

Super divisi : Spermatophyta (  Menghasilkan biji )

Divisi : Magniliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Liliopsida ( berkepig satu / monokotil )

Sub kelas : Commelinidae

Ordo : Poales

Famili : Poaceae

Genus : Saccharum

Spesies : Saccharum officinarum L

Morfologi tanaman tebu

Morfologi tanaman tebu ini dapat dilihat berdasarkan  ciri – ciri tanaman diantara adalah :

1. Akar

Akar tanaman tebu berserabut, tunggang, dengan panjang 20-30 cm, berwarna keputihan kotor hingga kecoklatan, dapat menembus permukaan tanah berkisar 20 cm bahkan lebih tergantung dengan pertumbuhan.

2. Batang

Batang tanaman tebu bulat, berdiamater 4 – 10 cm, tumbuh tegak, berbuku – buku dengan jarak 3-5 cm, panjang batang tanaman ini mencapai 3-5 meter. Selain itu, batang tanaman tebu ini memiliki perkulitan tebal, keras, dengan warna yang sangat beragam jenis mulai dari merah, kuning dan juga keungguan.

3. Daun

Daun tanaman tebu termasuk daun tidak lengkap, karena terdiri dari pelepah dan beberapa helaian daun. Selain itu, daun pada tanaman tebu tidak bertangkai panjang, namun langsung daunnya memanjang dengan panjang 1-2 meter, daun ini juga memiliki garis – garis yang memanjang, dan juga berbulu, biasanya daun ini tumbuh di bagian ketiak daun serta daun tanaman tebu ini berwarna kehijauan muda hingga tua.

4. Bunga

Bunga tanaman tebu ini termasuk kedalam bunga majemuk, yang tersusun dari beberapa malai yang terbatas. Bunga tanaman ini memiliki panjang sekitar 70-90 cm, dengan memiliki tiga daun kelopak, satu daun mahkota, tiga benang sari, dan dua kepala putik.  Pada umumnya, bunga pada tanaman tebu ini jarang kelihatan atau tampak karena bunga tanaman sangat rentan berguguran atau berjatuhan keketika masih muda atau proses pertumbuhan.

Baca juga :

Itulah klasifikasi, morfologi, deskripsi, dan ciri – ciri tanaman tebu semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme