Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Daun Kelor

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Daun Kelor – Daun kelor atau dikenal dengan sebutan merunggai adalah salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam suku Moringacea dengan genus moringa. Tanaman ini merupakan tanaman yang memiliki ketinggian hampir mencpai 7 – 11 meter bahkan lebih, denga berbentuk daun bulat tlur yang tersusun majemuk dengan satu tangkai.

1

Tumbuhan ini pada umumnya, banyak di gunakan sebagai tanaman obat terutamnya bagian daun yang memiliki kandungan tertentu yang dimanfaatkan untuk bahan alternatif atau herbal menyembuhkan berbagai penyakit dalam tubuh.

Klasifikasi tanaman daun kelor

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Subkingdom : Trachebionta ( Tumbuhan berpembuluh )

Super Divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua / dikotil )

Sub kelas : Dileniidae

Ordo : Capparales

Ordo : Moringaceae

Genus : Moringa

Spesies : Moringa oleifera. Lam

Morfologi tanaman daun kelor

Tanaman ini dapat di morfologikan berdasarkan ciri – ciri tanaman diantaranya adalah :

1. Akar

Akar tumbuhan daun kelor ini tunggang, berwarna putih kotor, biasanya bercabang atau serabut dan juga dapat mencapai kedalaman 5-10 meter. Perakaran ini berguna untuk membantu menyerap air dalam tanah dan juga menyokong pertumbuhan tumbuhan daun kelor.

2. Batang

Tumbuhan daun kelor ini memiliki batang mencapai 7-11 meter bahkan lebih, batang berkayu, tegak, berwarna abu – abu, kulit tipis, permukaan kasar, percabangan banyak, arah percabangan cendrung tegak atau miring, dengan tumbuh lurus dan memanjang.

3. Daun

Daun tumbuhan daun kelor berbentuk bulat telur, ukuran relatif kecil, daun majemuk, bertangkai panjang, tersusun selang seling, beranak daun gasal, helai daun berwarna hijau muda, dan biasanya di gunakan sebagai bahan masakan atau obat.

4. Bunga

Bunga tumbuhan daun kelor berwarna putih kekuning-kuningan, dan memiliki pelepah bunga yang berwara hijau, bunga ini tumbuh di ketiak daun yang biasanya ditandai dengan aroma atau bau semerbak.

5. Buah

Buah tumbuhan daun kelor berbentuk segita memanjang berkisar 20-60 cm atau di kenal dengan kelentang, buah ini berwarna hijua muda hingga kecokelatan.

6. Biji

Biji tumbuhan daun ini berbentuk bulat berwarna cokelat kehitaman, dalam satu buah biji ini akan terdapat beberapa butir dalam buah sekitar 10-20 biji bahkan lebih.

Baca juga :

Demikian mengenai klasifikasi, morfologi, deskripsi dan ciri – ciri tanaman daun kelor semoga bermanfaat.

1 Comment

Add a Comment
  1. Makasih artikelnya sangat bermanfaat min, bisa buat referensi nih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme