Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Sepat Siam

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Sepat Siam – Ikan sepat siam atau rawa adalah salah satu jenis ikan air tawar yang termasuk dalam genus Trichogaster dengan famili osphronemidae ( ikan gurami ). Ikan sepat ini memiliki sebutan Siamese gouram dalam bahasa inggris dan thalaind ikan ini sering disebut sebagai snake – skin gourami.

1

Pada umumnya ikan sepat siam ini memiliki bentuk tubuh sedang, dengan panjang mencapai 20-25 cm bahkan lebih, berbentuk pipih, dengan mulut yang meruncing. Berdasarkan penelitian dari beberapa pakar ikan sepat siam ini dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

Klasifikasi ikan sepat siam

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Perciformes

Famili : Osphronemidae

Genus : Trichogaster

Spesies : Trichogaster pectoralis

Morfologi ikan sepat siam

Secara umumnya ikan sepat siam ini memiliki ukuran sedang, dengan panjang mencapai 20 – 25 cm bahkan lebih tergantung dengan varietes, berbentuk lebar dan pipih, serta memiliki mulut yang meruncing. Bagian sirip punggung, ekors sirip dada da sirip dubur dewasa berwarna gelap. Pada bafian sirp perut akan berupa menjadi alat peraba yang hampir menyerupai cambuk atau pecut, yang memanjang hingga ekornya, biasanya dilengkapi dengan sepasang duri dan 2-3 jumbai dengan ukuran yang pendek.

Ikan sepat siam ini liar yang biasanya berwarna kusam kehitaman hingga kehijuaan yang menutupi seluruh tubuhnya. Namun, terkadang bagian sisi tubuh bagian belakang tampak belang – belang kemiringan yang sejalur dengan bintik besar kehitaman. Selain itu, bagian sisi lainnya akan tampak lebih terang apabila di lihat dari belakang mata hingga kepanagkal ekornya.

Baca juga :

Informasi tambahan :

  • Pada umumnya ikan sepat siam atau rawa ini dapat di temukan pada rawa – rawa, daunau, sungai dan parit – parit yang berair serta di tumbuhi dengan tumbuhan air.
  • Ikan ini asli berasal dari Asia Tenggara, terutamanya Sungai Mekong, Laos, Thailand dan Vietnam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme