Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Buah Delima

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Buah Delima – Buah delima adalah salah satu jenis tanaman buah berbentuk pohon kecil dan perdu, tanaman ini berasal dari Iran, namun dikembangbiakan di daerah Mediterania. Delima ini menyebar dengan cepat di berbagai daerah subtropik maupun tropik dengan dataran rendah hingga tinggi berkisar 1.000 m dpl.

1

Selain itu, tanaman buah delima ini biasanya banyak digunakan sebagai tanaman hias, tanaman obat, maupun makanan konsumsi lainnya. Berdasarkan pakar botani, tanaman buah delima ini dapat diklasifikasi dan morfologi adalah sebagai berikut :

Klasifikasi tanaman buah delima

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Subkingdom : Tracheobionta ( Tumbuhan berpembuluh )

Super divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua / dikotil )

Sub kelas : Rosidae

Ordo : Myrtales

Famili : Punicaceae

Genus : Punica

Spesies : Punica granatum L.

Morfologi tanaman buah delima

1. Akar

Akar buah delima tunggal, berbentuk bulat memanjang, berserabut besar, dengan panjang mencapai 10-20 m bahkan lebih, dan berwarna kecoklatan muda. Akar tanaman ini juga dapat menembus permukaan tanah hingga kedalaman 5-10 m bahkan lebih, yang berguna dan bermanfaat untuk membantu menyokong tanaman maupun menyerap unsur air dari dalam tanah.

2. Batang

Batang berkayu, bulat memancang, dengan ranting persegi, percabangan banyak, dan juga terdapat duri pada ketiak daunnya. Selain itu, batang tanaman ini juga memiliki warna cokelat jika masih muda dan hijau kotor jika sudah tua.

3. Daun

Daun tanaman buah delima ini tunggal, bertangkai pendek, terletak berkelompok, helaian daunnya berbentuk lonjong sampai lanset, memiliki pangkal meruncing atau lancip, bagian ujung tumpul, tepi merata, pertulangan menyirip, permukaan mengkilap dan juga memiliki panjang mencapai 1-9 cm dan lebar 0,5 -2,5 cm, yang berwarna kehijauan muda.

4. Bunga

Bunga tanaman buah delima termasuk bunga tunggal, bertangkai pendek, tumbuh dengan baik pada ketiak daun. Bunga tanaman ini memiliki lima warna yaitu merah, putih, maupun unggu yang dapat berbunga sepanjang tahunnya.

5. Buah

Buah tanaman ini berbentuk buah bulat atau buni, dengan diameter mencapai 5-12 cm yang berwarna sangat beragam dan bervariasi mulai dari merah, keungguan, cokelat, putih, maupun kehitaman. Selain itu, buah ini juga banyak ditemukan bercak – bercak yang agak menonjol pada buah yang berwarna kehitaman atau kecoklatan tua.

6. Biji

Biji tanaman buah delima ini berbentuk bulat memanjang, bersgi dan agak pipih, keras, tersusun tidak beraturan yang berwarna kemerahan maupun keputihan yang dilapisi dengan serat halus.

Baca juga :

Itulah mengenai klasifikasi, morfologi, deskripsi dan ciri – ciri tanaman buah delima semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme