Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Pohon Akasia

Klasifikasi dan Morfologi Pohon Akasia – Tumbuhan akasia adalah jenis tumbuhan yang termasuk pohon semak dengan famili Fabeceae dengan ordo Fabales yang pertama kali diidentifikasi di Afrika, tahun 1773. Tumbuhan akasia ini memiliki 1.300 spesies yang menyebar dengan luas diberbagai iklim tropis, terutamanya Australia, Eropa, Asia Selatan dan Amerika.

1

Tanaman akasia ini juga sering dikenal dan disebut dengan pohon duri, karena memiliki duri yang banyak dan berjarak di bagian batangnya. Berdasarkan pakar botani, tumbuhan akasia ini dapat diklasifikasikan dan morfologi adalah sebagai berikut :

Klasifikasi tumbuhan akasia

Kingdom : Plantae

Subkingdom : Trachebionta ( Tumbuhan berpembuluh )

Super Divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua / dikotil )

Sub kelas :Rosidae

Ordo : Fabeles

Famili : Fabaceae ( suku polong – polongan )

Spesies : Acacia auriculiformis A. Cunn. Ex Benth.

Morfologi tumbuhan akasia

Morfologi tumbuhan akasia ini dapat dilihat berdasarkan ciri – ciri tumbuhannya diantara adalah :

1. Akar

Akar tumbuhan akasia ini tunggang, berwarna keputihan kotor hingga kecoklatan, dengan panjang 5-10 meter bahkan lebih, mencapai kedalaman 3-5 meter.

2. Batang

Batang berbentuk bulat memanjang dengan diamater 10-20 cm bahkan lebih, permukaan kasar, dan terdapat duri tajam. Batang ini dapat mencapai dengan ketinggian 15-20 m, tumbuh dengan tegak, dan berwarna kecoklatan, abu – abu hingga keputihan kotor.

3. Daun

Daun berbentuk majemuk, saling berhadapan, lonjong, pertulangan menyirip, bagian tepi merata, dan berwarna hijau muda hingga tua. Daun juga memiliki panjang 5-20 cm, lebar 1-2 cm, dan daun ini juga memiliki getah yang kental berwarna keputihan hingga kecoklatan. Getah memiliki kandungan tanin yang dapat dimanfaatkan dibidang kesehatan dan industri.

4. Bunga

Bunga majemuk, berbentuk kuku, berwarna keputihan, dan muncul pada ketiak daun. Bunga tumbuhan ini juga berkelamin ganda baik jantan maupun betina, kelopak berbentuk slindris, benang sari juga slindris, dan kepala putik berbentuk hampir menyerupai ginjal manusia serta mahkota memiliki warna putih.

5. Buah

Buah berbentuk bulat lonjong, berwarna hijau jika muda dan kecoklatan jika tua. Dalam buah ini terdapat biji yang bentuk lonjong, pipih dan berwarna kecoklatan, biasanya ada beberapa biji didalam satu buah tumbuhan akasia.

Baca juga :

Demikianlah mengenai klasifikasi, morfologi, deskripsi dan ciri – ciri tumbuhan akasia semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme