Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Glodokan

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Glodokan – Glodokan adalah tumbuhan yang berupa pohon yang termasuk dalam jenis tanaman evergreen, yang dapat tumbuh dengan baik dengan iklim apapun. Tanaman ini berasal dari India yang menyebar dengan cepat diberbagai daerah, karena memiliki pertumbuahan yang cepat.

1

Tanaman gelodokan ini berbentuk tegak, lurus, dengan tinggi mencapai 30-35 m, bahkan lebih. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai pohon pelindung pagar, pelindung cuaca, penghasil oksigen tinggi dan juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias. Berdasarkan pakar botani tanaman ini memiliki klasifikasi, morfologi dan ciri – ciri sebagai berikut :

Klasifikasi tanaman glodokan

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Subkingdom : Trachebionta ( Tumbuhan berpembulu )

Super Divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua / dikotil )

Sub kelas : Magnoliidae

Ordo : Magnoliales

Famili : Annonceae

Genus : Polyalthia

Spesies : Poliyaltha longifolia Sonn.

Morfologi tanaman glodokan

1. Akar

Tanaman ini memiliki perakaran berukuran besar tunggal, tidak menjalar, berwarna abu – abu hingga kecoklatan, dapat menembus dengan kedalamaan  10-15 m bahkan lebih. Perakaran ini berguna untuk menyokong tanaman hingga kuat dan juga membantu penyerapan unsur air.

2. Batang

Batang berkayu, kuat, keras dan juga kokoh. Batang ini memiliki permukaan kasar, tidak beraturan dan juga memiliki diamter mencapai 20-30 cm bahkan lebih tergantung dengan pertumbuhannya. Selain itu, batang tanaman ini juga memiliki panjang mencapai 5-10 m dan percabangan yang banyak.

3. Daun

Daun berbentuk bulat ovat memanjang, berwarna kehijauan muda hingga tua, pangkal ujung meruncing, dan memiliki pertulangan daun menyirip. Selain itu, daun tanaman glodokan ini juga memiliki permukaan halus, dengan pertulangan yang tampak berwarna keputihan hingga kecoklatan.

4. Bunga

Bunga tanaman ini berukuran kecil, berwarna kuning kehijauan, tumbuh diketiak daun, bunga ini juga berbentuk payung dengan pangkal meruncing dan mahkota yang saling berdekatan yang hampir menyerupai corong dengan warna keputihan. Biasanya ini ditandai dengan adanya putik berwarna unggu dan kepala sari berwarna jingga.

5. Buah

Tanaman ini juga memiliki buah yang hampir menyerupai buah buni, dengan bentuk bulat oval memanjang, dengan warna kemerahan hingga kekuningan. Dalam satu buah memiliki beberapa biji yang berbentuk pipih, hingga bulat, dengan warna kecoklatan hingga kehitaman.

Baca juga :

Demikian ulasan mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman gelodokan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme