Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Ciplukan

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ciplukan – Tanaman ciplukan atau ceplokan adalah salah satu tumbuhan liar yang banyak di temukan di berbagai wilayah, tanaman ini berasal dari Amerika yang menyebar secara luas di daerah tropis dunia. Tumbuhan ini biasanya dapat ditemukan secara liar dikebun, tegalan, tepi jalan, kebun, semak, hutan ringan, dam hutan tei hutan.

1

Tumbuhan ini biasanya dapat tumbuh dengan baik dengan ketinggian 1-1550 m dpl. Selain itu, tumbuhan ini memiliki ciri – ciri berumur setahun, tegak, memiliki batang lunak, daun berbentuk bundar telur ujung meruncing dan bagian tepi rata. Bunga tumbuhdi ketiak daun, dengan tajuk bersudut tiga dan meruncing, dan berwarna kehijauan hingga keungguan. Berdasarkan pakar botani, tumbuhan ciplukan ini dapat diklasifikasi dan morfologi adalah sebagai berikut :

Klasifikasi tumbuhan ciplukan

Kingdom : Plantea ( Tumbuhan )

Subkingdom : Tracheobionta ( Tumbuhan berpembuluh )

Super divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua / dikotil )

Sub kelas : Asteridae

Ordo : Solanales

Famili : Solanaceae ( suku terung – terungan )

Genus : Physalis

Spesies : Physalis angulata L.

Morfologi tumbuhan ciplukan

Morfologi tumbuhan ciplukan ini dapat dilihat berdasarkan ciri –ciri tumbuhan ciplukan diantaranya adalah :

1. Akar

Akar tunggang, bercabang, dan berserabut. Berwarna keputihan kotor hingga kecoklatan, selain itu akar tumbuhan ini intensif yang menyebar hanya di permukaan tanah.

2. Batang

Batang tegak, lunak, panjang mencapai 1-2 m bahkan lebih, berbentuk bulat, beralur dan berwarna kecoklatan. Batang juga berusuk, bersegi lancip, berongga, bercabang banyak dan batang memiliki kehijauan mudah.

3. Daun

Daun tunggal, bertangkai banyak, letak di bagian bawah, daun berbentuk bulat telur, dan memanjang. Pangkal daun meruncing, bagian tepi merata, panjang daun mencapai 5-15 cm, lebar 2-10 cm, tangkai daun berwarna kehijuan muda dan pertulangan menyirip yang berwarna keputihan.

4. Bunga

Bunga tunggal, muncul pada ketiak daun, kelopak bunga terbagi lima, dan taju bersudut tiga serta meruncing. Mahkota tumbuhan ini berbentuk lonceng berwarna kekuningan muda hingga berwarna kecoklatan. Selain itu, ada terdapat bulu halas, dan memiliki tangkai benang sari berwarna kekuningan pucat dan kepala benang sari berwarna biru muda.

5. Buah

Buah berbentuk bulat oval, berwarna kehijauan muda hingga kekuningan, terbungkus dalam kelopak mengelumbung. Selain itu, buah ini memiliki biji – biji halus didalamnya berwarna keputihan yang diselimuti serat halus dan juga buah ini memiliki rasa manis.

Baca juga :

Itulah klasifikasi, morfologi, deskripsi dan ciri –ciri tumbuhan ciplukan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme