Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ginseng

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ginseng – Tanaman ginseng merupakan jenis tanaman obat yang termasuk dalam suku Araliaceae dengan ordo Apiales yang biasanya digunakan untuk obat herbal dan alternatif menyembuhkan berbagai macam penyakit dalam tubuh.

1

Tanaman ini tumbuh dengan sangat luas di berbagai wilayahdan daerah hingga kepolosok, tanaman ini cukup sangat terkenal dimanapun berada. Tanaman ginseng ini memiliki banyak spesies dan varietes hingga ratusan bahkan ribuan lebih, namu klasifikasi dan morfologi tanaman ginseng asia, china diantara adalah

Klasifikasi tanaman ginseng

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Subkingdom : Trachebionta ( Tumbuhan berpembuluh )

Super divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua / dikotil )

Sub kelas : Rosidae

Ordo : Apiales

Famili Araliaceae

Genus : Panax

Spesies : Panax ginseng L .

Morfologi tanaman ginseng

1. Akar

Akar ginseng berbentuk besar, gembung, menyerupai umbian, berukuran panjang sektar 5-10 cm bahkan lebih, berwarna kecoklatan dan keputiah kotor. Akar tanaman ginseng ini dapat mencapai kedalaman 30-60 cm didalam permukaan tanah dan bermanfaat untuk menyimpan cadangan makanan serta membantu menyerap unsur air dalam tanah.

2. Batang

Batang tumbuh, tegak, dengan panjang sekitar 70-80 cm, berbentuk bulat, berwarna kemerah ungguan dan memiliki perbatangan yang lunak. Batang tanaman ini merupakan batang tahunan yang dapat tumbuh dalam jangka lama, yang berguna untuk menyokong tanaman jauh lebih kuat dan juga memiliki percabangan yang banyak.

3. Daun

Daun tunggal, berbentuk bulat oval, bagian tepi bergerigi, dan memiliki pertulangan yang menyirip. Daun ini berwarna hijau muda hingga tua yang memiliki tangkai daun sekitar 5-6 daun muda.

4. Bunga

Bunga majemuk, berbentuk malai, muncul pada ketiak daun, mahkota berlekuk lima, berbentuk bulat oval dengan panjang 3-4 mm. Benag sari berjumlah 5-11, tangkai bercabang dan memiliki warna keungguan.

5. Buah

Buah berbetuk bulat telur, berwarna kecoklatan dan kekuningan, dengan diameter 3-4 cm bahkan lebih, dan dalam satu buah terdapat biji banyak dengan bentuk pipih, kecil dan berwarna kehitaman.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme