Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Kenanga

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Kenanga – Bunga kenanga ( Cananga odorata ) merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dan menyebar kesuluruh Asia, Australia dan beberapa pulau Lautan Pasifik. Bunga ini termasuk famili Annonaceae dengan ordo Magnoliales yang memiliki ciri khas bau bunga yang sangat harus dan wangi.

1

Tanaman bunga kenaga ini dapat diklasifikasikan dan morfologi sebagai berikut :

Klasifikasi bunga kenanga

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Subkingdom : Trcacheobionta ( Tumbuhan berpembuluh )

Super divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua/ dikotil )

Sub kelas : Magnoliidae

Ordo : Magnoliales

Famili : Annonaceae

Genus : Cananga

Spesies : Cananga adorata ( Lamk ) Hook.

Morfologi bunga kenanga

Morfologi tanaman bunga kenanga ini dapat dilihat berdasarkan ciri –ciri tanaman bunga kenanga diantaranya adalah.

1. Akar

Tanaman bunga kenanga ini memiliki sistem perakaran tunggang, berserabut, dengan panjang mencapai 50-60 cm bahkan lebih, akar berwarna kecoklatan. Akar tanaman ini bermanfaat untuk menyokong tanaman jaug lebih kuat dan juga membantu menyerap unsur air dalam tanah.

2. Batang

Batang besa, berkayu, dengan diamater mencapai 50-70 cm bahkan lebih, berwarna kecoklatan dan abu – abu, panjang batang mencapai 10-20 m. Batang juga memiliki percabangan yang banyak, untuk menyangga atau menyokong daun yang ada pada tanaman bunga kenanga.

3. Daun

Daun tunggal, berbentuk bulat oval memanjang, pangkal daun meruncing, dan samping daun hampir menyerupai jantung. Panjang daun mencapai 10-23 cm dengan lebar 4-14 cm. Permukaan daun bertekstur licin, berwarna hijau muda hingga tua, dan juga memiliki pertulangan yang tampak berwarna keputihan.

4. Bunga

Bunga kenanga sempurna atau lengkap yang memiliki benang sari, putil, mahkota bunga, kelopa bunga dan tangkai bunga. Bunga ini terdiri dari 6 lembar daun dan memiliki aroma yang menyengat atau khas. Bunga ini berwarna kehijauan hingga kekuningan yang terduri dari 6-10 kuntum dalam satu tangkai.

5. Buah

Buah berbentuk oval, berdaging tebal, berwarna kehitaman dan kecoklatan pekat, dengan ukuran 2 – 3 cm bahkan lebih. Dalam satu buah memiliki biji sekitar 8-12 biji bahkan lebih tergantung besar buah dan jenis varietesnya, biji ini berbentuk bulat, pipih, berkulit keras, permukaan halus, dan juga berwarna kehitaman.

Baca juga :

Itulah klasifikasi, morfologi, deskripsi dan ciri – ciri bunga kenanga semoga informasi kami bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme