Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Pohon Mahoni

Klasifikasi dan Morfologi Pohon Mahoni – Mahoni adalah salah satu jenis tumbuhan atau tanaman yang berasal dari daerah tropis, Hindia Barat. Tumbuhan ini biasanya dapat tumbuh dengan liar di berbagai hutan jati, pinggir panta dan pinggiran jalan sebagai pohon peneduh.

1

Tumbuhan ini termasuk dalam famili Meliaceae dengan ordo Spaindales yang merupakan tanaman tahunan dengan ketinggian mencapai 5-25 m, berakar tunggang, berbatang bulat, percabangan banyak dan kayunya memiliki getah kental. Tumbuhan ini secara sistematika berdasarkan taksonomi dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Klasifikasi pohon mahoni

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Subkingdom : Tracheobionta ( Tumbuhan berpembuluh )

Super Divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua/ dikotil )

Sub kelas : Rosidae

Ordo : Sapindales

Famili Meliaceae

Genus : Swietenia

Spesies : Swietenia mahagoni  ( L ). Jacq

Morfologi pohon mahoni

Tanaman ini merupakan tanaman tahunan dengan ketinggian mencapai 5-25 m, berakar tunggang, berbatang bulat, percabangan banyak, dan berkayu serta memiliki getah. Daunnya majemuk menyirip genap, jelaian daun berbentuk bulat telur, ujung dan pangkalnya runcing dan tulang daunnya menyirip. Daun muda berwarna merag, setelah tua akan berwarna hijau. Bunga tanaman ini majemuk tersusun dalam karangan yang keluar dari ketiak daun. Buahnya berbentuk bulat, berkeluk lima, berarna cokelat, didalam buah ada terdapat biji yang berbentuk pipih dengan ujung agak tebal dan berwarna kehitaman ( Yuniarti, 2008 )

Informasi Tambahan :

  • Tanaman ini dapat juga bermanfaat untuk kehidupan diantaranya dapat mengurangi polusi udara dan juga akan membantu mengikat air dengan baik.
  • Tanaman ini juga merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat mengatasi dan mengobati berbagai penyakit diantaranya : melancarkan peredaran darah, menurunkan atau mengurangi kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh dan juga lainnya

Baca juga :

Demikianlah ulasan mengenai klasifikasi, morfologi, deskripsi dan ciri – ciri tanaman mahoni semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme