Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Kertas

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Kertas – Bunga kertas adalah jenis tanaman hias yang populer, tanaman ini memiliki bentuk kecil yang sukar tumbuh dengan tegak dan memiliki warna yang sangat beragam.  Tanaman bunga kertas ini berasal dariAmerika Selatan, yang banyak ditemukan di perakarangan rumahan.

1

Tanaman bunga kertas ini juga dalam  kerabat Nytaginaceae dengan ordo Caryophylales yang memiliki bentuk seludang bunganya yang tidak tebal dan hampir menyerupai kertas. Tanaman bunga kertas ini, dapat diklasifikasi dan morfologi adalah sebagai berikut :

Klasifikasi bunga kertas

Kingdom : Plantae

Subkingdom : Viridiplantae

Divisi : Tracheobionta

Sub Divisi : Spermatophyta

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Caryophyllanae

Famili : Nytaginaceae

Genus : Bougainvillea.

Spesies : Bougainvillea glabra, Bougainvillea spinosa, Bougainvillea spectabilis, Bougainvillea peruviana, dan Bougainvillea buttiana.

Morfologi bunga kertas

Morfologi bunga kertas, dapat dilihat berdasarkan ciri – cirinya diantaranya adalah :

1. Akar

Akar bunga kertas tunggang, tumbuh vertikal, berserabut, dan melebar. Perakaran bunga kertas ini akan menembus media tanah mencapai kedalaman 50-80 cm bahkan lebih tergantung varietesnya.

2. Batang

Batang bunga kertas perdu, tegak lurus mencapai ketinggian 2-3 m bahkan lebih, dengan permukaan halus hingga kasar dan berwarna kecoklatan. Selain itu, batang juga berkayu, berbentuk bulat memanjang dan berduri kecil serta memiliki percabangan banyak.

3. Daun

Daun bunga kertas bulat oval memanjang dengan panjang 1-4 cm, bagian tepi permukaan daun rata, pertulangan menyirip antara 3-5 bahkan lebih, dan juga daun berwarna kehijauan muda hingga tua. Daun tanaman ini juga memiliki pertangkaian pendek dengan panjang 0,5-1 cm berwarna kecoklatan muda.

4. Bunga

Bunga kertas tidak lengkap, yang terdiri dari beberapa macam diantaranya tangkai, tenda bunga, kepala putik, tangkai putik, benang sari dan tangkai sari. Bunga ini biasanya muncul pada ketiakdaun, dengan berbentuk majemuk atau payung yang tersusun.Bunga kertas ini juga tersusun dalam anakan payung yang bertangkai dengan jumlah 1-7 anakan, masing – masing anakan memiliki 3 bunga. Pada umumnya, bunga kertas ini memiliki warna yang sangat beragam mulai dari putih, merah mudah dan tua, jingga, unggu dan lain – lain.

Baca juga : 

Demikianlah ulasan mengenai klasifikasi, morfologi dan ciri – ciri bunga kertas, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme