Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bengkoang

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bengkoang – Bengkoang atau bengkuang adalah salah satu tanaman umbian yang termasuk dalam suku polong – polongan yang berasal dari Amerika tropis. Tanaman ini dikenal dengan sebutan xicama atau jicama sedangkan orang jawa menyebut tanaman ini adalah besusu.

1

Tanaman bengkoang ini merupakan tanaman jenis umbi yang dapat diklasifikasikan  dan morfologikan sebagai berikut :

Klasifikasi tanaman bengkoang

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Subkingdom : Trachebionta ( Tumbuhan berpembulu )

Super divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua/ dikotil )

Sub kelas : Rosidae

Ordo : Fabeles

Famili : Fabeceae ( suku polong – polongan )

Genus : Pachyrhizus

Spesies : Pachyrhizus erosus L. Urban

Morfologi tanaman bengkoang

Morfologi dapat dilihat berdasarkan ciri – ciri tanaman adalah sebagai berikut :

1. Akar

Akar tanaman termasuk perakan serabut tungggal dan berumbi, berwarna keputihan hingga kecoklatan, dengan kedalaman mencapai 10-20 cm bahkan lebih. Perakaran ini bermanfaat untuk menyimpan cadangan makanan dan membantu menyerap unsur air dari dalam tanah.

2. Batang

Batang tanaman bengkoang pendek sekitar 1-2 m , batang menjalar, dan membelit, memiliki ruas – ruas halus, dan mengarah kebawah. Batang tanaman ini pada umumnya berwarna kehijauan hingga kecoklatan, dan memiliki tunas baru disekitarnya.

3. Daun

Daun tanaman ini majemuk yang menyirip dengan anakan 3 daun, bertangkai mencapai 8-16 cm, anakan daun berbentuk bulat melebar, pangkal daun runcing dan bergerigi besar serta berambut kedua sisi membelah dari sisinya, anak daun pangkal ujung membesar dan juga membelah hampir menyerupai ketupat.

4. Bunga

Bunga tanaman ini tersusun dalam tandan yang tumbuh pada ketiak daun, bunga ini memiliki panjang 60 cm, berambut coklat, dan berbentuk hampir menyerupai lonceng. Selain itu, bunga memiliki mahkota berwarna kebiruan hingga keungguan, gundul, dengan panjang 2 – 3 cm, tangkai sari pipih, dan pangkal bagian ujung menggulung.

5. Biji

Biji tanaman termasuk polong, berbentuk garis, pipih, dengan panjang 8-13 cm, berambut, berbeiji 4-9 butir dan biji ini berwarna kecoklatan disertai dengan serat halus.

Baca juga :

Demikianlah klasifikasi, morfologi, deskripsi dan ciri – ciri tanaman bengkoang semoga informasi kami berikan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme