Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Guppy

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Guppy – Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan hias yang sangat populer dan banyak digemari masyarakat, ikan ini pertama kali ditemukan di Venezuela, Guyana dan juga di kepulauan Karibi pada tahun 1859.  Ikan ini memiliki bentuk indah dan menarik yang dilengkapi dengan warna yang sangat beragam dan  bervariasi.

1

Ikan ini termasuk kedalam ordo cyprinododontiformes dengan famili Poeciliidae yang memiliki nama latin atau nama ilmiah Poecilia reticulata. Namun, bersadarkan taksonomi ikan ini dapat diklasifikasikan dan morfologi sebagai berikut :

Klasifikasi ikan guppy

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Cyprinodontiformes

Famili  : Poeciliidae

Genus : Poecilia

Spesies : Poecilia reticulata

Morfologi ikan guppy

Ikan guppy ini merupakan salah satu ikan hias yang memiliki ukuran relatif jauh lebih kecil dibandingkan ikan jenis lainnya. Ikan jantan pada umumnya memiliki panjang mencapai 2-3, betina mencapai 4-6 cm jauh lebih besar di bandingkan dengan ikan jantan. Selain itu, ikan guppy ini memiliki warna yang sangat beragam dan juga bervariasi seperti merah, kebiruan, kekuningan dan juga silver serta kombinasi lainnya.

ikan ini dapat juga berkembang biak dengan baik pada priode sekitar 21 – 20 hari dan tergantung dengan suhu air yang digunakan. Setiap ekor indukan ikan guppy ini menghasilkan 80-100 ekor benih atau anakan ikan guppy per periodenya, namun banyak yang mengalami kematian karena benih atau anakan ikan guppy sangat rentan terhadapat suhu air maupun lainnya yang dapat menyebabkan anakan ikan guppy mudah mati.

Baca juga :

Informasi tambahan :

  • Dalam budidaya atau beternak ikan guppy ini sebaiknya harus memerhatikan kondisi suhu air maupun lingkungan dengan normak sekitar 27 Celcius untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih maksimal
  • Dalam pembenihan, sebaiknya peternak harus melakukan pemisahan di kolam atau akuarium tertentu, bertujuan untuk mempermudahkan proses pemijahan pada ikan guppy tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai klasifikasi, morfologi, deskripsi dan ciri – ciri ikan guppy semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme