Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Reflesia

Bunga refkesi adalah salah satu bunga yang indah dan menarik dalam botani. Bunga ini akan memiliki diameter mencapai 150 cm bahkan lebih tergantung dengan pertumbuhan dan perkembangannya, dan memilki bunga yang berwarna cerah dan tajam.

1

Bunga ini memiliki delapan marga dengan 50 spesies yang banyak ditemukan diaderah tropik yaitu indo – malaysia, berdasarkan klasifikasi tumbuhan menurut beberapa penelitian, bunga reflesia ini dapat dikelompakan diantaranya yaitu :

Kingdom : Plantae

Divisi : Spermotophyta

Kelas : Dicotyledoneae

Sub kelas : Dicotyledonae

Ordo : Aristolochiales

Famili : Rafflesiaceae

Genus : Reflesia

Jenis : Reflesia arnoldia, Reflesia ciliata, Reflesiagadutensu, Reflesia hasseltii, Reflesiakeithhi, Reflesia kerri dan lainnya.

Morfologi bunga reflesia

Bunga reflesia ini tumbuh dengan unik dengan ekosistem hutan hujan tropika kawasan flora malesiana. Selain itu, bunga ini tumbuh bergantung dengan tanaman lain untuk kebutuhan makanannya, kelompok tumbuhan ini tidak memiliki klorofil, namun memiliki akar isap ( haustorium ) yang bermanfaat untuk menyerap kandungan nutrisi yang dibutuhkan ( Meijer dalam juhud dkk, 1998 ).

Pertumbuhan bunga reflesia ini dimulai dengan pembentukan perkecambahan yang di mulai dari kulit akan tumbuhan melalui inag dan berkembang menjadi benang – benang. Kemudian terjadi pembengkakan yang dan membentuk seperto knop yang akan merobek hingga menjadi bunga reflesia. Bunga reflesia memiliki warna coklat, merah dan putih, biasanya muncul pada akar inangnya. Ukuran dan bentuk bunga ini sangat berbeda – beda tergantung dengan jenis dan varietesnya yang berkisar antara diameter 20 – 150 cm ( Backer dalam zuhud dkk, 1998 )

Baca juga :

Tambahan :

Bunga reflesia dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, dengan cara memanfaatkan tanaman lainnya maupun dengan memakan tanaman sudah mati ataupun hewan yang sudah mati. Selain itu, bunga reflesi ini memiliki bau bangkai yang dapat membunuh hewan yang ada disekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme