Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Hama dan Penyakit Ikan Neon Tetra

Hama dan Penyakit Ikan Neon Tetra – Ikan neon tetra merupakan hias yang sangat populer dan terkenal di kalangan masyarakat. Namun, kendala yang di hadapi para pemelihara ikan hias ini adalah hama dan penyakit yang sangat mempengaruhi pertumbuhan, dan bahkan akan mengakibatkan kematian pada ikan hias neon tetra.

2

Beragam jenisnya hama dan penyakit yang menyerang ikan hias ini membuat para pemelihara kebinggungan untuk mengatasinya. Hama dan penyakit ini tidak hanya menyerang proses pembenihan ikan neon tetra saja, namun juga menyerang saat melakukan pembesaran atau proses pembudidayaan ikan neon tetra. Oleh karena itu, berikut cara mengendalikan hama dan penyakit ikan neon tetra dengan mudah dan sederhana.

Hama dan Penyakit Ikan Neon Tetra

Hama dan penyakit ikan hias ini biasanya menyerang pada ikan neon tetra adalah berupa hewan parasit berupa Cichid, Manvis, Cryprinid dan juga Rasbora yang akan mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangan ikan melambat serta kematian yang sangat tinggi

Gejala Hama dan Penyakit

Gejala yang di timbulkan dari serangan hewan parasit diatas adalah berubahnya warna ikan menjadi pucat, nafsu makan berkurang, pertumbuhan ikan akan lambat, terdapat bintik hitam di bagian kulit atau badan ikan neon tetra, badan ikan akan kurus drastis, dan juga ikan akan sulit berenag di dalam air dan juga di permukaan air.

Penyebab Hama dan Penyakit

Secara umumnya di sebabkan oleh hewan parasit Pleistophora hyphessobryconis, hama dan penyakit ini di sebabkan oleh tercemarnya air di dalam kolam, penyebaran ini melalui air, pakan ikan tidak baik, dan juga penumpukan pakan ikan di dalam kolam.

Hewan parasit ini tergolong hewan yang sangat ganas dan sangat berbahaya, selain itu penyebaran hewan parasit ini tergolong sangat cepat. Mulai dari insang ikan dan masukan kedalam tubuh ikan, serta merusak organ fungi dalam, sehingga ikan akan pucat, memiliki gerakan lambat dan yang lebih parahnya mati tiba-tiba.

Pengendalian hama dan penyakit

Untuk mencegah hama dan penyakit  menyerang ikan neon tetra ini harus melakukan ketentuan – ketentuan di bawah ini :

  • Menjaga air dengan baik dengan pH normal.
  • Melakukan pembersihan kolam atau aquarium pemeliharaan secara teratur.
  • Tidak memberikan pakan berlebihan, yang akan mengakibatkan penumpukan sisa makanan dalam kolam.
  • Memberikan nutrisi air dan juga pakan secara teratur.
  • Ikan terserang sebaiknya melakukan perendaman dengan larutan vaksinasi, formalin dan juga larutan garam.
  • Selain itu, melakukan pemeliharaan dengan baik dan juga optimal. Bertujuan agar mendapatkan hasil yang sangat bagus.

Baca juga : Cara Pembenihan Ikan Neon Tetra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme