Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Panduan Dasar Cara Budidaya Ikan Hias Mas Koki

Panduan Dasar Cara Budidaya Ikan Hias Mas Koki – Ikan mas koki ( carassius auratus auratus ) adalah salah satu ikan yang pertam akali di dosmetikasikan dan di budidayakan oleh masyaarakat Indonesia maupun luar negeri . Kini ikan hias ini adalah saalaah satu ikan hias akuarium yang sangfat lah popular . karena sangat lah bagus dan indah ikan tersebut . Sebelum mengulas lebih dalam lagi ikan mas ini pertama kali di pelihara di china lebih daris eribuh tahun lalu sejak itu beberapa ras di kembangkan , dengan variasi yang luar biasa , sepert ukuran , bentuk tubuh , susunan sirip dan warna ( berbagai kombinasi warna antara putih , kunung , merah , jingga , cokelat dan hitam . jika anda ingin mengembang ikan mas koki ini maka anda simak budidaya ikan mas koki ini sebagai berikut :

ikan koki

Budidaya Ikan Mas Koki

1. Persiapan

Budidaya ikan mas koki biasa nya di kerjakan dengan akuarium ,. Ukuran akuarium yaitu dengan panjang 80 cm , lebar 40 cm serta tinggi 40 cm.

Jumlah akuariumyang bisa di pakai 4 buah . Wadah akuarium yang dapat di pakai untuk memijahkan induk ikan mas kokoi terlebih daulu di isi air dengan ketinggian 20 cm . Air didiamkan 1 hari serta di beri eceng gondok bertujuan untuk menempelkan telur ikan koki serta untuk merangsang pemijahan.

2. Seleksi Induk

Induk ikan yang di pilh kondisi sehat , tdak cacat lincah dan sudah masak gonadnya cirinya sebagi berikut :

Ciri – Ciri Induk Jantan :

  • Apabila di urut pada bagian perut akan mengeluarkan cairan ptih
  • Adanya benjolan kecil pada tutup insane
  • Wujud dubur serta kecil

                Ciri – ciri Induk Betina

  • Apabila di urut pada bagian perut akan mengeluarkan cairan kuning
  • Di bagian perut agr membesar
  • Wujud debur besar dan bulat

3. Sistem Pemijahan

Induk yang akan dipijahkan diseleksi terlebih dahulu . Dengan perbandingan induk yang jantan dan betina 1 : 2 . Sistem pemijahan dapat di jalankan denagn cirikan dengan saling berkejaran pada induk jantan serta betina . Induk akan berhenti mengejar setelah mengeluarkan sperma .

Apabila selesai pemijahan maka induk ikan mas koki lakan di pisahkan ke akuarium dikarena kan apabila tidak di pisahkan maka induk tersebut akan mengonsumsi telurnya sendiri

4. Penetasan

Sistem penetasan dapat berjalankan lebih kurang 2 – 4 hari apabila telur ikan mas yang tidak terbuahi dapaat membusuk serta tidak akan menetas lagi dan gampang terserang jamur . Suhu yang baik padaa akuarium kurang lebih 24 – 28 celcius . sesudah menetas larva tetap memilki kandungan kuning telur hingga belum butuh di beri pakan .

Nah itu lah sekilas tentang panduan dasar budidaya ikan hias mas koki semoga bermanfaat bagi anda dan juga mencobanya . Jika anda ingin memperdalam lagi tentang pertanian dan pertenakan yang ada di Indonesia di info masa kini

Baca Juga Artikel :

1 Comment

Add a Comment
  1. thanks min infonya membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme