Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Jenis Jenis Fungisida Untuk Tanaman Cabe

Jenis-jenis Fungisida Untuk Tanaman Cabe – Tanaman cabai merupakan salah satu jenis tanaman pertanian yang sangat menguntungkan dari segi pendapatan. Maklum saja, setiap hari cabai dibutuhkan dalam industri makanan dan rumah tangga sebagai bumbu masakan. Selain itu, ada juga untuk industri pangan, dan tanaman obat. Akan tetapi, para petani cabai kerap mengeluhkan masalah selama perawatan budidaya cabai. Yaitu, hama dan penyakit seperti bercak daun yang disebabkan oleh pertumbuhan cendawan alias jamur.

1

Nah, di sinilah letak peranan penting fungisida untuk membasmi dan mengendalikan pertumbuhan jamur atau patogen yang bersifat patogen dan membunuh inang tanaman induk. Dari segi bentuk dan jenis fungisida sangat beragam. Mari kita kupas satu per satu apa saja Jenis-jenis Fungisida Untuk Tanaman Cabe.

Baca : Cara Mengatasi Burung Kacer Macet Bunyi

Jenis-jenis Fungisida Untuk Tanaman Cabe

Fungisida bisa terbuat dari beragam bahan, yaitu bahan kimia dan alami. Fungisida yang terbuat dari bahan kimia, memang efektif membunuh jamur dengan sifat-sifat racun yang dimiliki, tetapi hal ini juga terkadang bisa berdampak buruk bagi lingkungan dan manusia, terutama dalam pemakaian jangka panjang. Sementara, fungisida alami relatif lebih aman, karena terbuat dari bahan-bahan yang sudah ada di alam. Misalnya saja dari minyak cengkeh, kecubung, kulit randu, dan lain-lain.

Bentuk-bentuk Fungisida Untuk Tanaman Cabe

  1. Tekstur fungisida dengan bentuk tepung
  2. Tekstur fungisida dengan bentuk cair
  3. Tekstur fungisida dengan bentuk gas
  4. Tekstur fungisida dengan bentuk butiran

Sifat-sifat Fungisida Untuk Tanaman Cabe

Dari segi sifat, fungisida juga bisa digolongkan lagi ke dalam 2 sifat, yakni sifat fungisida selektif dan non selektif. Berikut ini uraian penjelasannya…

  1. Fungisida selektif. Adalah fungisida yang mampu membunuh jenis jamur tertentu saja, tanpa mengganggu pertumbuhan cendawan lain yang mungkin masih memberikan keuntungan pada tanaman.
  2. Fungisida Non Selektif. Adalah jenis fungisida yang dapat membunuh semua jenis jamur tanpa kecuali. Atau dengan kata lain, membunuh semua cendawan tanpa pandang bulu.

Caa Kerja Fungisida Untuk Tanaman Cabe

  1. Fungisida Kontak. Yaitu fungisida yang dapat bekerja di bagian yang sudah terkena semprot saja atau pada bagian yang terkontaminasi langsung dengan fungisida. Bagian lain yang tidak terkena fungisida tidak akan mendapat reaksi.
  1. Fungisida Translaminar. Fungisida ini mampu menembus jaringan tanaman tetapi tidak didistribusikan ke jaringan tanaman.
  1. Fungisida Sistemik. Fungisida ini akan menyerap fungisida saat larutan disemprot ke tanaman, kemudian akan mendistribusikan ke seluruh jaringan tanaman.
  2. Fungisida Kontak dan Sistemik. Fungisida ini bekerja multi fungsi yaitu mampu bekerja dengan cara kontak serta bekerja dengan cara sistemik. Jadi saat tanaman disemprot fungisida pada bagain tertentu, maka akan segera menyerap fungisida tersebut lalu akan didistribusikan ke seluruh jaringan tanaman.

Baca Juga:

Semoga info Jenis-jenis Fungisida Untuk Tanaman Cabe bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme