Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Teknik Menyemprot Tanaman Padi Yang Tepat dan Benar

Teknik Menyemprot Tanaman Padi Yang Tepat Dan Benar – Tanaman padi merupakan komoditas utama di indonesia. Dalam perawatan tanaman padi, membutuhkan teknik-teknik dan strategi khusus. Terlebih ketika tanaman padi mulai diserang hama dan penyakit. Untuk mengendalikan serangan hama dan penyakit, maka dibutuhkan teknik menyemprot tanaman padi yang tepat dan benar.

teknik menyemprot tanaman padi dengan tepat dan benar

Teknik menyemprot tanaman padi yang tepat dan benar

Teknik penyemprotan adalah salah satu kegiatan dalam mengendalikan serangan hama dan penyakit untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman padi. Sepertinya penyemprotan sekilas tampak mudah dan bisa dilakukan oleh siapa pun, tetapi karena bahan-bahan penyemprotan membutuhkan banyak campuran yang terkadang mengandung racun, maka tidak boleh dilakukan secara sembrono atau sembarangan.

Teknik menyemprot tanaman padi yang tepat dan benar dari segi waktu penyemprotan

Waktu yang tepat untuk menyemprot tanaman padi adalah saat mulut daun mulai terbuka. Cairan pestisida akan lebih mudah diserap oleh tanaman hingga masuk ke dalam lapisan jaringan. Maka, hama yang menyerang tanaman padi akan dapat segera mati ketika mencoba memakan bagian tanaman. Waktu yang tepat dan disarankan untuk melakukan penyemprotan adalah pagi jam 09.00 atau sore jam 15.30, saat mulut daun terbuka.

Teknik menyemprot tanaman padi yang tepat dan benar dari segi bagian yang perlu disemprot

Menyemprot tanaman tidak melulu harus keseluruhan bagian tanaman, selain membutuhkan biaya produksi yang cukup mahal dan memakan waktu relatif lama, sebenarnya ada bagian-bagian tanaman yang bisa efektif menyerap pestisida tanpa perlu membutuhkan dosis yang terlalu banyak. Bagian tanaman yang dimaksud adalah di bawah permukaan daun. Di sinilah letak mulut daun berada.

Teknik menyemprot tanaman padi yang tepat dan benar untuk mencegah serangan hama sejak dini

Agar kondisi tanaman padi tetap baik, penyemprotan bisa dilakukan sejak dini, pada umur 10 hari setelah tanam. Gunakan dosis yang kecil atau sesuai rekomendasi para penyuluh pertanian.

Teknik menyemprot tanaman padi yang tepat dan benar dari segi masa boleh atau tidak disemprot

Ada kalanya, masa-masa tertentu tanaman padi tidak boleh disemprot sama sekali karena justru menimbulkan kegagalan panen. Yaitu pada saat tanaman padi memasuki usia penyerbukan. Jika tidak, gabah bisa puso atau kosong.

Jenis-jenis pestisida untuk menyemprot padi

Ada berbagai jenis pestisida yang bisa dipakai, di antaranya:

  1. Pestisida sistemik, untuk mengendalikan hama penggerek batang, uret atau sundep
  2. Pestisida kontak dan lambung, untuk mengendalikan hama walang sangit dan belalang
  3. Insektisida, untuk mengendalikan hama serangga seperti kumbang, walang sangit, belalang, kaper, wereng dan sebagainya.
  4. Moluksida, untuk mengendalikan hama dari golongan molusca seperti siput, keong, dan sebagainya
  5. Fungisida dan bakterisida, untuk mengendalikan hama dari jamur dan bakteri.

Baca Juga:

Demikian info teknik menyemprot tanaman padi yang tepat dan benar semoga menginspirasi dan memberi manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme