Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Jenis – Jenis Jamur dan Manfaatnya

Jenis – Jenis Jamur dan Manfaatnya – Jamur ( Fungi ) atau  juga di sebut cendawan merupakan tanaman yang memiliki sifat saprofit yaitu berkembang biak dengan cara memproleh dari bahan organik yang telah mati. Jamur juga di katkan sebagai organisme heterotrof karena tidak bersintesis sendiri seperti tumbuhan yang tidak memiliki klorofil dalam selnya.

Jamur juga merupakan organismes eukariotik dengan struktur tubuh terdiri hanya dari satu sel saja, atau di sbeut uniseller, misalnya ragi. Namun, jamur juga ada yang memiliki  sel banyak atau multiselluer misalnya Rhizopus dan Penicillium.

Jenis- jenis jamu dan manfaatnya

a. Jamur merang ( Volvariella volvaceae )

0

Jamur merang ini dapat di temukan di tumpukan jerami pada musim panen atau juga di tumpukan janjangan sawit yang telah lembab. jamur merang ini memiliki ras yang nikmat dan juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

b. Jamur tiram ( Pleurotus sp )

0

Jamur tiram ini hanya dapat di budidayakan dan tidak semabarang di temukan di manapu kecuali di tempat budidaya jamur. Jamur tiram memiliki kandungan protein tinggi, lemak, fospor, besi, thiamin dan juga riboflin yang sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah penyakit dalam tubuh. Misalnya membantu memberikan asupan protein dan nutrisi di dalam tubuh dengan baik.

c. Jamur kuping ( Auricularia polytricha )

0

Jamur kuping ini memliki bentuk daun yang hampir sama dengan kuping manusia, sehingga banyak yang menyebutkan jamur kuping. Jamur kuping ada 3 macam yaitu

  • Jamur kuping hitam
  • Jamur kuping merah
  • Jamur kuping agar

Jamur kupinh hitam sangat bermanfaat untu mengobati dan mengatasi sakit jantung , meurukan kolseterol dan juga anti pendarahan.

d. Jamur shitake ( Lentinula edodes )

0

Jamur shitake adalah jamur yang berasal dari china dengan sebutan Chinese Black Mushroom. Jamur ini biasanya di olah dan di gunakan untuk sop miso, acar, keripk dan campuran lainnya. Harga jamur ini memiliki harga yang sangat mahal di bandingan dengan lainnya. Selain itu juga manfaat  jamur ini sangat baik untuk kesehatn tubuh terutamanya adalah melancarkan metabolisme di dalam tubuh.

e. Jemur lingzhi ( Ganoderma lucidem )

0

Jamur lingzhi meruapakn jamur yang memiliki bentuk yang hampir mirip dengan jamur kupig tetapi perbedaan hanya di bagian struktur yang memiliki garis lingkaran pada jamur. Kandungan jamur ini sangat banyak dan tinggi sehingga jamur ini biasanya di gunakan untuk mengatasi masalah berbagai penyakit terutamanya adalah menjaga dan mengembalikan keseimbangan tubuh dan juga melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Itulah jenis –jenis jamur dan manfaatnya semoga bermanfaat dan berguna bagi para pembaca.

Baca juga : Jenis – Jenis Jeruk dan Manfaatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme