Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Jenis – Jenis Jeruk dan Manfaatnya

Jenis – Jenis Jeruk dan Manfaatnya – Jeruk merupakan salah satu buah yang sudah di kenal banyak orang dan juga sangat populer di mana pun. Tanaman ini memiliki ragam dan variasi tergantung dengan daerah masing-masingnya. Terkadang banyak sekali yang salah menyebutkan salah satu jenis jeruk karena dari bentuk, warna, struktur dan juga lainnya.

Untuk itu dalam kesempatan ini fredikurniawan.com akan mengulas kembali cara mengenal jenis jeruk dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini jenis-jenis jeruk dan manfaatnya :

a. Jeruk Jeprok

0

Jeruk Jeprok

Ciri-ciri :

Memiliki bentuk oval atau bulat, bewarna kuning atau orange jika sudah matang, tangkai agar menonjol dan berwarna hijau, memiliki kulit tipis da warna dalam putih berserabut, bagian bawah agak menonjol kedalam dan juga memiliki biji yang banyak serta daging agak tebal.

Manfaat jeruk koprok

Menurunkan berat badan

Menurunkan tekanan darah tinggi

Mengobati sariawan

Mencegah berbagai penyakit yang disebabkab kekurangan vitamin C, A dan B1.

b. Jeruk Manis

0

Jeruk Manis

Ciri-ciri:

Jeruk ini memiliki warna kematangan kuning kehijauan, jika mentil berwarna hijau, memiliki kulit tips, daging tebal berwarna kuning atau orange dan memiliki biji jarang, serta memiliki air dalam jeruk yang sangat banyak.

Manfaat jeruk manis

Banyak mengandung vitamin C yang bermanfaat untu kesehatan gusi, sariawan dan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan alami.

c. Jeruk nipis

0

Jeruk Nipis

Ciri-ciri:

Jeruk nipis memiliki bentuk bulat atau lonjong dan agar runcing di bagian pucuk buah, berwrna hijau dan juga kekuningan, memiliki kulit agak tebal dan sulit di buka langsung, memiliki daging tebal dan tidak serabut bagian dalam dan bijinya berbentuk bulat oval dan memiliki rasa kecut atau tidak manis.

Manfaat jeru nipis

Untuk meringankan gejala batuk

Menambah nafsu makan

Menurunkan suhu berat badan

Obat herbal alami kesehatan

d. Jeruk purut

0

Jeruk Purut

Ciri-ciri :

Jeruk purut memiliki warna hijau, kulit keriput dan tidak beraturan, bentuk lumayan kecil, memiliki rasa kejut, daging tipis dan biji lumayan banyak.

Manfaat jeruk purut

Menambah rasakan masakan

Mengobati batuk

Mengatasi sariawan

Mengobati masalah kulit

Untuk menghitamkan rambut

e. Jeruk kingking

0

Jeruk Kingking

Ciri- ciri :

Jeruk kingking berbentuk bulat, kecil berwarna hijau tua, dan juga kekuningan. Memiliki daging buah sedikit, biji mini dan juga memiliki rasa kecut.

Manfaat jeruk kingking

Daunnya sebagi obat mencret

Mengatasi pencernaan

Sebagai obat batuk

Pengkilat kuku

Mengobati sariawan

f. Jeruk bali

0

Jeruk Bali

Ciri-ciri:

Jeruk bali memiliki ukuran besar, bulat atau oval, memiliki kulit sangat tebal, dan bagian luar kasar. Daging buah berwarna putih atau kemerahan, biji sangat relatif sedikit dan memiliki ada yang manis dan ada yang kecut.

Manfaat jeruk bali

Kulit buah sangat baik untuk kesehatan kulit

Mengatasi gusi dan sariawan

Kulit juga dapat mengkilatkan kuku

Baca juga : Jenis-Jenis Bahan Pupuk Kompos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme