Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Ayam Kampung

Klasifikasi dan Morfologi Ayam Kampung – Ayam kampung adalah termasuk kedalam unggas karena memiliki satu lambung, ayam pada umumnya berasal dari hutan dengan habitat yang sangat liar. Ayam kampung ini berasal dari sebuah spesies ayam hutan, oleh karena itu sebagian para pendapat mengatakan bahwa ayam kampung ini masih dalam famili ayam hutan atau liar. Ayam hutan ini memiliki 4 macam yaitu Gallus gallus, gallus sonnerati, gallus lafayetti dan gallus varius.

1

Dengan perbanyakan, ayam lokal ini semakin berkembang dan juga banyak di jumpai di manapun terutamanya di pulau jawa banyak yang  budidaya ayam tersebut. Banyaknya ayam yang sudah berkembang membuat ayam – ayam buras ini memiliki morfologi yang sangat bervariasi dan beragam. Secara sistematisnya klasifikai, dan morfologi ayam kampung ini dapat di bedakan sebagai berikut.

Panduan Lengkap Budidaya Dan Pemeliharaan Ayam Kampung

Klasifikasi ayam kampung

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Subfilum : Vertebrata

Kelas : Aves

Subkelas : Neonithes

Superordo : Superordo

Ordo : Galiformes

Famili : Phasianidae

Genus : Gallus

Spesies : Gallus Domesticus

Morfologi Ayam Kampung

Ayam kampung ini memiliki bentuk dan ukuran yang jauh relatif lebih kecil dibandingkan  dengan ayam lainnya, memiliki berat sekitar 1,4 kg selama 4 bulan dan produksi telurnya sekitar 135 butir/tahunnya. Ayam kampung ini memiliki warna bulu putih, hitam, kemerahan, kekuningan dan juga warna kombinasi lainnya. Ayam kampung pada jantan memiliki jengger berwarna merah, bergerigi dan berdiri tegak, sedangkan pada betina memiliki jengger kecil dan juga tebal serta memiliki warna merah cerah.

Namun, pada bagian kulit ayam tersebut memiliki warna kuning pucat, memiliki kaki panjang dan juga kuat. Selain itu, ayam kampung ini tidak dapat dibedakan kedalam penghasil daging dan juga telur sebagaimana layaknya ayam ras umur empat bulan. Oleh karena itu, ayam kampung ini tidak dapat di patokan untuk menghasilkan produktivitas telur dan daging dengan maksimal.

Demikianlah klasifikasi dan morfologi ayam kampung semoga informasi yang kami berikan berguna dan bermanfaat  bagi para pembaca.

Baca juga : Panduan Penyiapan Pakan Dan Obat –Obatan Ayam Kampung Pedaging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme