Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Bebek (Itik)

Klasifikasi dan Morfologi Bebek (Itik) – Bebek atau dikenal dengan itik adalah salah satu hewan yang termasuk kedalam spesies burung  masih dalam satu keluarga Anatidae. Umumnya bebek atau itik memiliki ukuran tubuh relatif kecil dibandingkan dengan kerabatnya seperti angas berleher panjang dan angsa berleher pendek.

Baca : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Bol

Perlu diketahui jenis bebek atau itik sangatlah banyak, hal ini dikarenakan perkawinan silang antar bebek dari beberapa spesies. Sehingga sangat sulit untuk menentukan keturunan aslinya.

Berdasarkan beberapa peneliti klasifikasi dan morfologi/anatomi bebek adalah sebagai berikut:

Klasifikasi Bebek

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Aves

Ordo: Anseriformes

Famili: Anatidae

Genus: Cairina

Spesies: Cairina mpschata (itik liar, Cairina domesticus (itik ternak)

Morfologi Bebek

Morfologi bebek (itik) dapat dilihat berdasarkan anatominya seperti kepala, badan, ekor, kaki dan bulu.

1. Morfologi Kepala

Bebek memiliki kepala berukuran kecil, dengan bentuk hurup tanda tanya (?) atau menjulur kebawah. Selain itu, dikepala terdapat mata berbentuk bulat atau seperti biji buah pepaya berwarna kecoklatan sampai kehitaman dan juga memiliki paruh berbentuk melebar, berwarna putih kusam, kecoklatan hingga kehitaman, dan mengandung lamellae yang berguna untuk menyaring makanan.

2. Morfologi Badan

Bebek memiliki bentuk badan lebar dan berbekuk, dan memiliki leher cukup panjang tetapi tidak sepanjang jenis angsa.  Pada umumnya, bentuk tubuh bebek sangat bervariasi mulai dari melonjong hingga membulat.

3. Morfologi Ekor

Bebek memiliki ekor relatif pendek dibandingkan dengan jenis spesies lain, ekor bebek dilapisi oleh bulu-bulu dengan pertulangan bulu yang cukup besar. Hal tersebut dikarenakan ekor bebek berguna untuk mengerakan atau sebagai pendorong ketika berada disungai/diair.

4. Morfologi Bulu

Bebek memiliki bulu yang halus dengan warna yang sangat bervariasi tergantung dengan spesiesnya seperti bercorak hitam, kehitaman, kecoklatan, putih kusam dan sebagainya. Bulu pada bebek berguna untuk melindungi dan menstabilkan suhu tubuh bebek.

Baca Juga:

Demikianlah informasi mengenai Klasifikasi dan Morfologi Bebek (Itik). Semoga berguna dan bermanfaat, terima kasih.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme