Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Belalang Sembah

Klasifikasi dan Morfologi Belalang Sembah – Belalang sembah atau dikenal dengan sebutan belalang sentadu memiliki nama ilmiah yaitu Mantis religiosa. Belalang sembah adalah salah satu serangga yang termasuk kedalam ordo Mantodea dengan genus mantis.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sri Rejeki (Aglaonema)

Belalang sembah memiliki sebutan yang sangat beragam tergantung dengan daerah terutamanya bahasa sunda disebut dengan concorang, bahasa Jawa disebut dengan walang kadung/kekek dan bahasa Melayu disebut dengan mentadak.

Berdasarkan tingkatan taksonomi belalang sembah dapat diklasifikasi dan morfologikan sebagai berikut:

Klasifikasi Belalang Sembah

Kingdom: Animalia

Subkingdom: Invertebrata

Filum: Arthropoda

Kelas: Insect

Subkelas: Pterygota

Infrakelas: Neoptera

Superordo: Dictyoptera

Ordo: Mantodea

Genus : Mantis

Spesies: Mantis religiosa

Morfologi Belalang Sembah

Belalang sembah dapat di morfologi berdasarkan pengamatan fisiologisnya, secara umumnya belalang sembah memiliki bentuk tubuh memanjang dengan panjang mencappai 3-5 cm bahkan lebih tergantung varietesnya, memiliki warna dominan hijau mudah, memiliki tandung dibagian kepala dua dan kecil, memiliki kaki empat dan dua di depan dengan memiliki duri halus yang tajam.

Bagian tubuh dilengkapi dengan sayap yang berfungsi untuk terbang atau menghindari serangan musuh sekitarnya. Selain itu, belalang sembah juga memiliki dua mata yang cukup besar dan mulut yang cukup unik dan tajam berfungsi untuk mencabik atau sebagai penghancur makanan.

Untuk makanan belalang sembah biasanya mengkonsumsi serangga kecil seperti jangkrik, kupu-kupu, lebah hingga hewan vertebrata seperti ular, tikus, kadar, katak dan burung kecil.

Baca Juga:

Demikianlah informasi sekilas mengenai Klasifikasi dan Morfologi Belalang Sembah. Semoga berguna dan bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa untuk share

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme