Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sri Rejeki (Aglaonema)

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sri Rejeki (Aglaonema)  Tanaman sri rejeki atau dikenal dengan sebutan chinnese evergreen adalah salah satu tanaman hias yang sangat populer masih dalam suku talas-talasan (Araceae).

Tanaman ini dapat tumbuh dengan pada areal dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban yang cukup tinggi. Selain itu, tanaman ini biasanya dapat ditemukan di hutan hujan tropis. Untuk klasifikasi dan morfologi aglaonema berdasarkan tingkat taksonomi adalah sebagai berikut:

 

 

 

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Jangkrik (Gryllus)

Klasifikasi Sri Rejeki

Kingdom: Plantae

Subkingdom: Tracheobionta

Superdivisi: Spermatophyta

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Subkelas: Arecidae

Ordo: Arales

Famili: Araceae

Genus: Aglaonema

Spesies: Aglaonema crispum

Morfologi Sri Rejeki

Berdasarkan pengamatan tanaman sri rejeki dapat dilihat berdasarkan akar, batang, daun, bunga dan buah.

Akar

Tanaman sri rejeki adalah tanaman yang memiliki biji tunggal dan memiliki perakaran yang serabut. Fungsi utama akar adalah untuk menyerap air dan mencari zat nutrisi yang ada didalam tanah. Akar tanaman ini berwarna putih dan berair.

Batang

Batang tanaman sri rejeki memiliki batang yang pendek, berdiameter 1-3 cm atau lebih. Batang berwarna putih, hijau dan berwarna kemerahan, selain itu batang berbuku-buku, berair dan tidak berkayu.

Daun

Daun tanaman sri rejeki berbentuk oval tidak beraturan, bagian pangkal ujung lancip dengan tekstur kaku, berwarna hijau, kemerahan, bercak/corak putih adapun warna lainnya tergantung dengan spesiesnya. Selain itu, daun memiliki tangkai panjang dibandingkang dengan permukaan daun.

Bunga

Bunga tanaman sri rejeki tidak indah dan menarik dibandingkan dengan tanaman lainnya, bunga ini memiliki serbuk sari terletak dibagian atas dan putik dibagian dekat pangkal. Bunga tanaman ini terbungkus oleh seludang berwarna hijau pucat. Pada umumnya  bunga tanaman ini adalah bungan uniseksual, yaitu bunga betina dan jantan terdapat didalam satu bunga.

Buah

Buah yang dihasilkan oleh tanaman ini berbentuk lonjong, hampir menyerupai buah melinjo, berwarna hijau. Kemudian akan berubah menjadi putih, kuning dan berwarna merah. Buah yang dihasilkan tanaman ini terdapat di pangkal bunga berbentuk tonjolan kecil.

Baca Juga:

Demikianlah informasi mengenai Klasifikasi dan Morfologi Sri Rejeki. Semoga berguna dan bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme